Ini 5 Hal yang Bisa dilakukan Pengunjung di Gembira Loka Yogyakarta

gembira loka zooJika ingin menemukan objek wisata di Yogyakarta yang kaya dengan suasana alam dan penuh koleksi Fauna, maka kebun binatang Gembira Loka adalah pilihannya.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat kelucuan dari pinguin, orang utan yang dilindungi hingga penampakan raksasa dari “The Dragon” Komodo.

Pada awalnya, Gembira Loka merupakan tempat untuk memelihara satwa yang merupakan milik Keraton Yogyakarta. Namun saat Sri Sultan Hamengku Buwono IX memimpin, Gembira Loka dibuka untuk tujuan wisata bagi masyarakat umum.

Seperti halnya kebun binatang yang lain pengunjung atau wisatawan bisa ikut berbagi memberi makan, hingga belajar aneka satwa di Gembira Loka.

Namun, masih terdapat kegiatan lainnya bisa dilakukan oleh pengunjung melalui tempat wisata di Yogyakarta ini,loh.

Nah, bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Yogyakarta, dan ingin melihat aneka satwa di Gembira Loka bisa pesan tiketnya di situs ini, dan nikmati kegiatan beberapa hiburan wisata berikut ini.

  1. Rileks dengan Terapi ikan

Bagi sebagian orang, terapi ikan mampu meneyegarkan kembali kondisi tubuh. Nah, pengunjung yang datang ke Gembira Loka pun bisa mencoba wisata yang satu ini.

Terapi ikan di Gembira Loka menawarkan “gigitan” dari ikan-ikan kecil di  bagian pergelangan kaki. Gigitan ini nantinya berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya pun mudah, pengunjung hanya perlu mencelupkan kaki ke dalam kolam dangkal dan mekudian ikan-ikan tersebut akan bergerak mengigit lapisan kulit mati.

Untuk menikmati wisata terapi ikan ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000.

zoo

  1. Budidaya tumbuhan

Selain kehadiran bermacam aneka satwa, pengunjung yang datang ke tempat wisata di Yogyakarta ini juga melakukan budidaya aneka tumbuhan.

Di sini pengunjung akan belajar dari beberapa tenaga profesional yang memang datang khusus untuk memberikan pengarahan bagaimana cara budidaya tanaman.

Budidaya ini nantinya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan flora dan fauna bagi kebun binatang hingga untuk kebutuhan masyarakat secara umum.

  1. Wisata air Gembira Loka

Di kebun binatang ini juga disediakan tempat permainan air, dimana pengunjung bisa menikmati beragam permainan.

Beberapa diantaranya adalah kereta keliling, kano, sepeda air, sukter air, perahu gethek hingga kehadiran Speedboat.

Pengelola Gembira Loka menyediakan sebuah danau buatan kecil untuk menikmati berbagai macam permainan ini dan disesuaikan dengan jenis permainannya.

Selain itu, terdapat juga beberapa kolam yang dapat digunakan oleh pengunjung seperti kolam tangkap yang mengajarkan anak untuk menangkap ikan dengan tangan.

Sementara itu,  kolam arapaima dibuat agar pengunjung seperti berada di dalam laut ditambah pemandangan terumbu karang dan ditemani dengan kehadiran ikan berukuran besar.

zoo

  1. Melihat lebih dekat aneka satwa burung

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah dengan mengunjungji Bird Park atau Taman Burung.

Tempat ini menyediakan sekitar 60 jenis burung dan sekitar 300 aneka satwa aves. Beberapa burung yang jarang anda temukan di alam bebas seperti Elang, Cendrawasih, Flamingoo dan Pecuk hitam bisa ditemukan di Taman Burung.

Bahkah, di tempat ini pengunjung bis menemukan pinguin sub-tropis dari Afrika Selatan yang bernama Jackass.

  1. Cafe Kuliner di Atas Danau “Mayang Tirta”

Sudah lelah mengitari Gembira Loka? Saatnya bersantai sejenak dengan bersantap kuliner di Danau Mayang Tirta.

Tempat kuliner ini merupakan bangunan dengan kapal megah dan terletak di danau buatan Gembira Loka. Berbagai macam menu makanan disediakan untuk pengunjung. Sebagai tambahan hiburan, pengelola Gembira Loka biasanya akan menampilkan pertunjukan musik untuk menambah kehangatan suasana bersantai.