Infused Water Terbukti Baik Bagi Kesehatan, Ini Resepnya

Ilustrasi. Foto: Susan Delaney/Demand Media
Ilustrasi. Foto: Susan Delaney/Demand Media

jpnn.com – Infused water tengah berada di puncak kepopuleran sebagai minuman sehat dengan rasa lumayan dan bisa dibuat sendiri dengan mudah. Mulai dari wanita karier, ibu rumah tangga sampai siswa SMA menyukai konsep infusd water.

Selain manfaat yang ditawarkan infused water, ramuan alami ini juga bisa dibuat berdasarkan kreativitas dan selera pribadi penikmatnya.

Membuatnya pun tidak sulit dan tidak repot, tidak perlu pandai memasak atau pandai meramu bahan untuk menikmati minuman segar ini.

Berikut ini beberapa resep infused water untuk meningkatkan kesehatan Anda, seperti dilansir laman Ehow, Selasa (25/4).

1. Infused water untuk mengatasi perut kembung
Untuk mengatasi kembung ringan yang disebabkan oleh makan berlebihan, makanan asin atau PMS, tambahkan 2 iris lemon, 10 daun mint segar, 1/2 mentimun yang telah Anda iris dan dua sendok teh cincang jahe ke dalam tiga liter air.

Biarkan campuran berada dalam kendi tertutup semalam, sebelum Anda meminumnya baik panas atau dingin.

2. Infused water untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah penting. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, tambahkan 1 cangkir nanas yang telah dipotong dadu, 1 cangkir stroberi cincang dan 2 buah jeruk ke dalam 3 liter air.

Nanas mengandung bromelain, suatu bahan kimia dengan efek anti-inflamasi. Stroberi dan jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan. Dinginkan selama setidaknya dua jam sebelum diminum.

3. Infused water untuk olahraga
Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus semangka sebelum olahraga bisa mengurangi nyeri otot.

Cukup tambahkan 1/2 cangkir semangka yang telah dipotong dadu dan 1 sendok makan daun mint segar yang telah dipotong kedalam air. Biarkan dingin selama semalam untuk mendapatkan rasa maksimal.

4. Infused water untuk mengatasi flu
Ada alasan mengapa orang tua Anda memberi Anda ginger ale ketika Anda terserang flu.

Jahe merupakan obat alami untuk mengatasi mual akibat morning sickness dan penyakit lainnya.

Anda bisa membuat ginger ale versi Anda sendiri yang bebas gula.

Tambahkan 6 gelas air ke dalam panci ukuran sedang diatas kompor Anda. Tambahkan perasan air lemon dan juga masukkan jahe yang telah Anda cuci bersih.

Panaskan campuran tersebut hingga mendidih selama 10 sampai lima belas menit. Minum panas, dingin atau dituangkan di atas es untuk mengatasi mual Amda. Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan satu sendok teh ekstrak vanili murni.(fny/jpnn)