Ibu Motor Perubahan

RUDI - Dharma Wanita Persatuan Kota Bengkulu berfoto bersama usai peringatan Hari Ibu di halaman Kantor Walikota, kemarin (3)

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu bersama sejumlah unsur Muspida dan Mupsika se-Kota Bengkulu menggelar peringatan hari ibu dengan mengadakan upacara di halaman Kantor Walikota, Senin (22/12).  Mengangkat tema kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat mandiri dan berkepribadian, kaum ibu dituntut untuk meningkatkan kualitasnya.
“Perempuan dalam berbagai dimensi dalam sisi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan. Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang  sadar memahami memiliki hak dan kewajiban yang  sama dengan laki-laki dalam setiap aspek dalam berkehidupan yang demokratis serta kesetaran jender dalam setiap aspek,” kata Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda.
Menurutnya, peringatan hari ibu merupakan bentuk perhatian sekaligus pengakuan akan arti pentingnya perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan ini juga diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat untuk selalu menghargai kaum ibu sebagai tiang negara.
“Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberikan peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Disamping itu, kita tentunya juga senantiasa berharap agar para ibu bisa menjawab tantangan zaman saat ini,” ungkapnya.
Senada disampaikan Ketua TP PKK Kota Bengkulu, Hj Khairunnisa Helmi SE. Ia mengimbau kepada seluruh perempuan agar dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya. Menurutnya, kunci kesuksesan setiap insan manusia terletak ditangan ibu yang berkualitas.
“Jadi lah ibu sejati. Ibu yang bisa setia mendampingi suami dalam keadaan apapun, ibu yang bisa memberikan teladan yang baik bagi anak-anak, ibu yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, berguna bagi nusa dan bangsa,” ungkapnya.
Ke depan, lanjut istri Walikota H Helmi Hasan SE MM ini, pihaknya bersama kumpulan kaum ibu yang lain akan senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang ditujukan untuk kaum ibu yang kurang mampu. Diantaranya dengan menyambangi panti jompo, pondok pesantren dan kegiatan lainnya.
“Semua ini sudah kami rencanakan untuk dilakukan pada tahun 2015 nanti. Kami akan menyelenggarakannya bersama GOW, Dharma Wanita dan TP PKK Kota Bengkulu,” paparnya.
Upacara itu sendiri dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 0407 Bengkulu Letkol Inf Ganda Simatupang. Upacara ini diikuti oleh seluruh PNS yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, Kepala Dinas, Kepala Badan, ibu-ibu Danrem, ibu-ibu Polresta, ibu-ibu Dandim, Camat dan Lurah. (009)