IAIN Bengkulu Siap Menjadi “IELTS Centre” di Provinsi Bengkulu

IELTS

International English Language Testing System (IELTS) merupakan sistem tes untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang Bahasa Inggris. Tes IELTS dimiliki bersama oleh tiga organisasi yang dikenal sebagai mitra tes IELTS.

Di samping IDP: IELTS Australia, mitra pemilik lainnya adalah the British Council dan Cambridge English Language Assessment. IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar negeri dan bahkan menjadi persyaratan studi/sekolah ke luar negeri. Hampir 10.000 organisasi telah menggunakan tes IELTS terutama institusi di berbagai belahan dunia seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Belanda,  Selandia Baru, Malaysia dan masih banyak lagi.

IAIN Bengkulu melalui Pusat Bahasa, Kajian Islam dan Kebudayaan (PUSBAKIK) bersama dengan English Academy Bengkulu (Lembaga Resmi terdaftar dikementerian pendidikan) telah berkomitmen untuk peduli dengan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Provinsi Bengkulu dalam hal peningkatan kemampuan Berbahasa Inggris, termasuk IELTS didalamnya.

Maka dari itu, dua lembaga ini dengan menggandeng IDP: IELTS Australia mengadakan seminar pendidikan dan IELTS Coaching Clinic pada Rabu, 29 November 2017 bertempat di Aula KH. Djam’an Nur, Pasca Sarjana IAIN Bengkulu.

Hadir sebagai pembicara yaitu Albert Gunawan Sutanto (IDP IELTS Operations Manager), Riswanto, Ph.D (Kepala Pusat Bahasa, Kajian Islam dan Kebudayaan, IAIN Bengkulu), Roy Samosir (IDP Manager Student Placement Unit) dan Handra (IDP IELTS Coaching Expert). Peserta juga berasal dari lintas profesi baik itu para praktisi di bidang Bahasa Inggris, guru, mahasiswa, dosen dan lain – lain yang hadir dari berbagai wilayah di Provinsi Bengkulu.

Turut juga hadir Direktur English Academy Bengkulu, Reko Serasi, S.S, M. A dalam kegiatan ini. Reko mengatakan bahwa ini merupakan tahun ketiga berturut- turut Pusbakik IAIN Bengkulu bersama dengan English Academy Bengkulu mengadakan kegiatan serupa yaitu dimulai sejak tahun 2015 dengan pembicara Karlina Denistia (Awardee LPDP University Tubingen Germany) dan Mega Wulandari (Universitas Sanata Dharma) yang mana keduanya merupakan trainers IELTS tersertifikasi oleh Indonesia Australia Language-Foundation, lalu tahun 2016 pada kegiatan yang sama Pusbakik IAIN Bengkulu dan English Academy Bengkulu menghadirkan pembicara Eko Saputra M.A (Alumni Lanchaster University, UK- Awardee LPDP Scholarship) dan Trinur Susanti, S.Pd (IELTS Trainer certified by IALF) dan kali ini ditahun ketiga penyelenggaraan dapat bekerjasama dengan IDP: IELTS Australia. Senada dengan Direktur English Academy Bengkulu, Kepala Pusbakik IAIN bengkulu, Riswanto, Ph.D juga mengemukakan pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk memperjelas bahwa Pusbakik IAIN Bengkulu didukung English Academy Bengkulu sebagai penyelenggara IELTS Preparation Course dan IDP: IELTS Australia sebagai penyelenggara tes telah siap menjadi IELTS Centre di wilayah Bengkulu dan sekitarnya.

Persiapkan Pameran Pendidikan Terbesar diBengkulu

Saat ini IAIN Bengkulu bersama English Academy Bengkulu dan IDP juga tengah mempersiapkan sebuah even besar yaitu pameran pendidikan terbesar diBengkulu yang akan melibatkan puluhan kampus dari UK, USA dan Australia. Terpisah, Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin, M. M.Ag ,MH mengatakan kegiatan ini merupakan sumbangsih yang sangat positif bagi Provinsi Bengkulu, sehingga sangat layak untuk diberikan dukungan dan apresiasi. Menurut Rektor, untuk memulai program seperti ini, universitas- universitas lain di Indonesia butuh waktu yang cukup lama. Maka hal ini patut untuk dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Rektor juga berharap dengan terdapatnya fasilitas- fasilitas seperti ini, baik itu dosen maupun mahasiswa IAIN Bengkulu dapat memanfaatkan peluang- peluang ini untuk melanjutkan studi, mendapatkan beasiswa ataupun melaksanakan riset ke luar negeri melalui program- program seperti ini.(*)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*