Humas Kota Bengkulu Juara 2 InGPRAS 2015

Penghargaan (2)

Kategori Humas Inspirasional Pemerintah Kota

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Humas Kota Bengkulu berhasil meraih penghargaan sebagai Humas Inspirasional terbaik kedua kategori Humas Pemerintah Kota dalam ajang The 1st Indonesia Government Public Relations Awards and Summit (InGPRAS) 2015, yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Indonesia. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Jendral SPS Hedi Lukito di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa tadi malam (27/10/2015).

Penghargaan yang ditoreh oleh Humas Kota Bengkulu ini merupakan hasil seleksi dewan juri yang terdiri dari Bambang Halintar (Majalah SWA/mewakili SPS), Ahmad Djauhar (Harian Bisnis Indonesia), Abdul Hamid (Komisi Informasi Pusat) dan Henny W (Komisi Informasi Pusat) terhadap humas pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

“Humas pemerintah kota dan kabupaten sering luput dari pandangan. Karena itu, kita gelar ajang InGPRAS 2015 ini untuk mencari humas-humas yang memiliki inovasi dan memberikan inspirasi bagi humas lainnya,” ujar Henny W dari Komisi Informasi yang juga sebagai ketua dewan juri sebelum membacakan nama-nama peraih penghargaan InGPRAS 2015.

Humas yang memiliki inovasi, lanjutnya, perlu diapresiasi, dari 31 dokumen peserta yang masuk ke dewan juri, hanya 15 humas dan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang masuk nominasi untuk 4 (empat) kategori yaitu : Humas Inspirasional Pemerintah Kota, Humas Inspirasional Pemerintah Kabupaten, PPID Inspirasional Pemerintah Kota, dan PPID Inspirasional Pemerintah Kabupaten.

“Untuk juara 1 Humas Inspirasional Pemerintah Kota adalah Humas Kota Yogyakarta, Juara 2 Humas Kota Bengkulu, dan Juara 3 Humas Kota Bekasi,” ujarnya.

Dalam malam penghargaan yang juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Basarnas F.H. Bambang Soelistiyo, Walikota Bandung Ridwan Kamil, petinggi SPS, CEO Garuda Indonesia, praktisi dan akademisi humas tersebut, juga diumumkan para peraih The 4th Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2015, dan The 2nd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) 2015. Masuknya Humas Kota Bengkulu sebagai Juara 2 Humas Inspirasional Pemerintah Kota dikarenakan Humas Kota Bengkulu tidak hanya mahir dalam menjalin relasi dengan media massa. Tetapi juga memiliki inovasi di dalam menjalankan fungsinya, dan hal itu tidak dimiliki oleh humas pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Inovasi tersebut adalah kemampuan Humas Kota Bengkulu melakukan pengelolaan 4 (empat) manajemen, yaitu: manajemen isu, manajemen reputasi, manajemen fungsional konflik dan manajemen krisis. Sikap kritis masyarakat Kota Bengkulu terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah, oleh Humas Kota Bengkulu tidak dianggap sebagai sesuatu bentuk konflik yang mendeskriditkan pemerintah.

Karena itu, Humas Kota Bengkulu berupaya mempertahankan stabilitas politik lokal melalui penguatan legitimasi pemerintah daerah di tengah suasana krisis dan berupaya mengadaptasi tuntutan publik dengan program pemerintah melalui kearifan-kearifan lokal.

“Keempat inovasi ini yang kita lakukan. Saya dan tim Humas Kota Bengkulu dalam menghadapi berbagai persoalan yang menerpa Pemerintah Kota Bengkulu, berupaya menyelesaikan semua itu dengan solusi-solusi dengan mengelola empat manajemen itu. Dan saya rasa ini menjadi poin penilaian tinggi dari dewan juri,” terang Kabag Humas Kota Bengkulu Dr. H. Salahuddin Yahya, M.Si ketika diwawancarai para jurnalis usai menerima penghargaan InGPRAS 2015.

Meskipun demikian, lanjutnya, Juara 2 InGPRAS 2015 yang diraih tidak membuat Humas Kota Bengkulu terlalu berbangga diri. “Justru ini menjadi suatu tantangan baru, karena kami akan mencoba belajar dari Humas Kota Yogyakarta. Insya Allah tahun depan Humas Kota Bengkulu yang juara 1 nya,” ungkap Salahuddin Yahya dengan nada optimis. (Andri/Adv)