Hasil LJUN Dikirim ke Jakarta

BENGKULU,BE-Hasil pemindaian lembar jawaban ujian nasional (LJUN) SMA sederajat siap dikirim ke Kementerian dan Kebudayaan RI di Jakarta. Hasil pemindaian ini dikirim paling lambat pada akhir April ini juga. Pasalnya saat ini Universitas Bengkulu telah menyelesaikan tugas pemindaian tersebut.

Humas yang juga Panitia Ujian Nasional Aditya P Ramadhan MSc menuturkan kepada BE, LJUN utama dan LJUN susulan sudah selesai dipindai oleh tim pemindai. ”Hasil pemindaian akan segera dikirim sesuai jadwal yang ditentukan Kemdikbud, bahkan bisa lebih awal karena batas pengiriman LJUN pada awal bulan Mei,” tutur Aditya.

Aditya menjelaskan, pemindaian LJUN SMA berlangsung aman dan lancar. Pada pemindaian tahun ini tidak begitu banyak masalah yang signifikan terjadi. Kalau tahun lalu tim pemindaian terkendala pada kualitas kertas LJUN yang terlalu tipis, tahun ini kualitas kertasnya sudah lebih baik. LJUN yang sudah diterima dan dipindai langsung, lalu dimasukkan data ke Compact Disc (CD) untuk di kirim ke Kemendikbud RI untuk memenuhi target pengiriman mengirim CD berisi data LJUN itu sebelum 1 Mei ke Kemendikbud RI.

LJUN yang dipindai tim merupakan LJUN jenjang SMA dan MA terdiri enam mata pelajaran, sedangkan SMK terdiri tiga mata pelajaran serta paket C terdiri tujuh mata pelajaran. Kemudian, proses pemindaian terhadap sekolah formal dan nonformal, pemindaian juga dilakukan terhadap siswa yang Unas di rumah tahanan serta rumah sakit. (247)