Hari Ketiga UN Pakai Genset

ARGAMAKMUR, BE – Hari ini, Rabu (15/4), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) akan kembali menjadwalkan Sidak ke beberapa sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuannya untuk mengkoordinir adanya sekolah yang tidak mempunyai mesin Genset untuk menyiapkan UN hari ketiga ini, yang mana siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Inggris.
Siswa diharuskan mengerjakan soal didalam kaset Compact Disk (CD) berupa listening, jika aliran listrik padam bisa dipastikan berjalannya UN akan terganggu. Hal inilah yang membuat Dikbud melakukan koordinir setiap sekolah, sudah memiliki mesin Genset belum serta jika sudah ada mesin Genset itu, mesin siap digunakan atau tidak. Hal ini dikatakan Kepala Dikbud Kabupaten BU, Dr Haryadi MM MSi.
“Besok (hari ini, red) kami akan melakukan sidak ke sekolah yang ada di Kabupaten BU. Sidak ini dilakukan untuk mengkoordinir dan melihat kesiapan sekolah menghadapai UN hari ketiga, yang mana dalam UN hari ketiga besok siswa mengerjakan soal Bahasa Inggris berupa listening, itu sangat diperlukan aliran listrik. Jangan sampai listrik mati tidak ada antisipasinya, UN akan terganggu nanti,” kata Haryadi.
Ditambahkannya, sidak rencananya akan mengajak bupati dan Kapolres BU. Ini ditujukan agar sekolah benar-benar mempersiapkan mesin genset untuk antisipasi mati listtrik yang sering terjadi di Kabupaten BU ini. Selain sidak antisipasi ini, pihaknya juga sekaligus melihat hari ketiga ini setiap sekolah ada kendala atau tidak dalam menyiapkan UN untuk siswanya. Seperti soal dan CD siap atau belum, fasilitas yang digunakan untuk persiapan listening layak atau tidak.
“Rencananya besok kami akan mengajak Bupati dan Kapolres ikut serta sidak UN hari ketiga besok. Saya mengaharapkan tidak ada sekolah yang belum mempersiapkan genset, karena jika itu terjadi kasian siswa yang mengikuti UN jika terjadi mati listrik yang kerap terjadi di Kabupaten BU ini,” demikian Haryadi. (167)