Hari Ini Diknas Sidak Sekolah

Pasca libur panjang sejak bulan suci Ramadhan
Three Marnope

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pasca libur panjang sejak bulan suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri 1438 H, hari ini, Senin (17/7), semua sekolah mulai melaksanakan aktivitas normal kembali. Diawali dengan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Untuk mengetahui kedisiplinan sekolah paca libur panjang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah guna mengetahui apakah masih ada sekolah yang menambah libur atau malah sebaliknya.

“Besok (Senin) semua sekolah mulai masuk lagi, dan hari pertama masuk. Sekolah tetap akan kita Sidak, untuk mengetahui apakah ada yang melanggar aturan,” kata Kepala Dispendik Kaur, Three Marnope MTPd kepada BE, kemarin (16/7).
Dikatakannya, pihaknya mengharapkan jika pendidikan dilaksanakan tepat waktu, semua ketentuan dan aturan harus dilaksanakan oleh semua pelaksana pendidikan, baik guru maupun siswa di semua sekolah. Juga jika di hari pertama sekolah tidak ada yang tidak masuk sekolah, bahkan jika tanpa ada alasan yang jelas. Sambungnya ia akan melakukan tindakan sanksi terhadap oknum tersebut.

“Kita berharap semua sekolah melaksanakan kewajibannya, sebagaimana tugas guru ya mengajar dan siswa mengikuti proses pendidikan. Kalau tidak hadir tanpa keterangan apalagi mereka guru akan kita beri sanksi,” terangnya.
Ditambahkan Three, pihaknya meminta para orang tua mengantarkan anak masing-masing ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah, Senin (17/7). Sebab ini bertujuan untuk memperkuat interaksi mereka dengan guru dan lingkungan pendidikan formal anak. Juga ini sesuai dengan himbauan Ke Menteri Pendidikan dan Kebudaya.

“Hari pertama ini minta pada orangtua untuk mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah, ini agar terjadi interaksi antara orang tua dengan guru dan lingkungan sekolah anak-anak mereka,” tandasnya.(618)