Hari Ini, 2.861 Siswa Ikut UN

ARGAMAKMUR, BE – Hari Ini (13/4), sebanyak 2.861 siswa Sekolah Menegah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) serentak mengikuti Ujian Nasional (UN) hari pertama.
Siswa tersebar di 19 kecamatan yang ada, dengan rincian siswa SMA/MA 1.881 orang dan SMK sebanyak 980 siswa. Hari ini mereka akan mengerjakan soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Besok (Hari ini,red) sebanyak 2.861 siswa di Kabupaten BU melakukan UN hari pertama. Pada hari pertama besok, soal UN mata pelajaran yang mereka kerjakan ialah Bahasa Indonesia,” kata Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BU, Eka Hendriyadi.
Katanya, untuk mengawal pengamanan UN hari ini, Polsek yang berada disetiap kecamatan Kabupeten BU akan melakukan monitoring di setiap sekolah. Sementara tiga Kecamatan yang berada di wilayah Polres BU, yakni Kecamatan Arma Jaya, Kecamatan Argamakmur dan Kecamatan Hulu Palik akan dimonitoring pihak Polres BU. Rencananya pihak Dikbud akan melakukan sidak seperti UN tahun sebelumnya, namun Eka mengakui belum bisa mengatakan sidak akan dilakukan kapan.
“Pengamanan UN melibatkan pihak kepolisian Polres dan Polsek Kabupaten BU. Pengamanan dipersiapkan tentunya untuk meminimalisir adanya hal yang tidak diinginkan. Untuk sidak pastinya ada rencana, namun kami menunggu perintah dari atasan terlebih dahulu,” imbuhnya.
Kata Eka, pengambilan soal UN hari ini dan hari selanjutnya, setiap kepala sekolah (Kepsek) diharuskan mendatangi Polres atau Polsek di setiap Kecamatan setidaknya pukul 06.00 WIB. Akan ada satu anggota polisi mengawal Kepsek membawa soal ke setiap sekolah. Sistem UN yang akan digunakan masih menggunakan peratutran dan sistem seperti yang digunakan pada UN pada tahun sebelumnya. (167)