Hari Dharma Samudera Bengkulu Ekspress Media Group Adakan Lomba Phonetography

PhonetographyBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Memperingati hari Dharma Samudera tanggal 15 Januari nanti, Bengkulu Eekspress Media Group bekerja sama dengan Lanal Bengkulu, RRI Bengkulu, Bencoolen Mall dan EP Creatif mengadakan lomba phonetography untuk kalangan pelajar.

Apa itu phonetography? phonetography bisa diartikan mengambil suatu objek foto menggunakan kamera yang terdapat pada smartphone (Android). Dikatakan GM BETV, Santo, tujuan lomba tersebut dikhususkan kalangan pelajar adalah mengingatkan akan sejarah perjuangan. Terutama perjuangan heroik di Laut Aru pada 15 Januari 1962. Saat itu terjadi pertempuran laut melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut. Yakni Kapal Perang RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih. Yang mengakibatkan Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat Deputi Kasal gugur dalam pertempuran.

“Tujuannya adalah mengingatkan akan sejarah perjuangan ke generasi muda terutama pelajar,” jelas Santo.

Masih dikatakan Santo, kenapa memilih pelajar sebagai pesertanya. Untuk menstimulus kreatifitas pelajar dalam menggunakan Android kepada hal yang lebih positif. Agar pelajar lebih mencintai indonesia sebagai negara maritim, menghargai jasa pahlawan, serta lebih kritis dengan kerusakan ekosistem laut dan juga humanisme kelautan.

“Pada intinya kita membuka wawasan kepada pelajar, penggunaan android tidak hanya untuk selfie atau berselancar di internet. Tetapi android juga bisa diperuntukkan untuk hal yang lebih positif,” imbuh Santo.

Untuk itu bagi pelajar yang hobi menggunakan kamera androidnya untuk photograpy tidak ada salahnya mengikuti lomba ini. Sejumlah syarat yang harus diikuti adalah, lomba phonetography mengambil tema kemaritiman dan keangkatan lautan.

Pendaftaran Rp 20 ribu dan seluruh peserta mendapatkan piagam. Peserta pelajar SMP dan SMA, peserta satu orang hanya satu akun. Jumlah peserta diawal tidak dibatasi dengan spot gambar sepanjang pantai. Babak selanjutnya peserta mengirim file foto (maksimal 3) ke email BETV (betvbeken2018@gmail.com) dan hashtag instagram ke BETV, Lanal dan RRI. Dibuat babak penyisihan diawal, peserta mengambil spot disepanjang pantai. 50 besar akan dibawa ke spot di Pulau Tikus. Display 12R untuk 50 terbaik di BIM tanggal 16, 17 dan 18 Januari. Pemgumuman dan pengiriman file foto peserta dimedia dibuat tanggal 6 sampai 11 Januari dan tutup pukul 12.00 WIB. Penentuan 50 besar 12 Januari. Tanggal 13 Januari 50 besar berangkat ke pulau tikus pukul 06.30 WIB.(167)