Harga Cabai Meroket

CURUP, BE– Harga komoditas cabai di Rejang Lebong terus mengalami kenaikan. Bila sebelumnya harga cabai merah berkisar antara Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu. Saat ini harga cabai merah mencapai Rp 90 ribu.
Pantauan Bengkulu Ekspress di sejumlah pasar  di Kota Curup,  harga cabai beragam tergantung dari jenisnya. Contohnya untuk cabai merah halus harganya mencapai Rp 90 ribu sedangkan untuk cabai merah kasar harganya berkisar antara Rp 75 hingga 80 ribu per kilogram.
Menurutnya,  beberapa orang pedagang  cabai di Pasar Atas Curup,  melambungnya harga cabai tersebut  karena  oleh beberapa faktor diantranya karena kurangnya pasokan. “Dari awal memang naiknya harga cabai ini karena kurangnya pasokan, mungkin petani sedikit yang menanam cabai,” ungkap salah seorang pedagang Yanti (37).
Kenaikan harga, bukan hanya pada komoditas cabai saja, melainkan pada komoditas lainnya. Meskipun mengalmi kenaikan namun, kenaikan yang terjadi tidak sesignifkan kenaikan harga cabai. “Untuk harga sayuran lainnya memang mengalami kenikan juga, namun naiknya cuman sedikit, mulai dari seribu rupiah,” tambah Yanti.
Beberapa sayuran yang mengalami kenaikan tersbeut diantarnya adalah kacang panjang dari Rp 5 ribu menjadi Rp 6 ribu per kilogram, kemudian Wortel dari Rp 4,5 ribu menjadi Rp 5,5 ribu hingga Rp 6 ribu. Daun bawang dari Rp 7 ribu saat ini sudah menjadi Rp 8 ribu.
Selain pada sayuran, kenaikan harga juga terjadi pada beberapa jenis sembako. Kenaikan terjadi pada harga telur ayam. Harga telur ayam saat ini bisa mencapai Rp 34 ribu per Karpet untuk ukuran jumbo, padahal sebelumnya harga sebelumnya hanya Rp 32 ribu per karpet. Sementara itu untuk harga daging ayam masih terbilang stabil yaitu berkisar antara Rp 28 hingga Rp 29 ribu per  kilogram (251)