Harga Bawang Merah Tembus Rp 40 Ribu

ARY/Bengkulu Ekspress Seorang pembeli bawang merah di Pasar Atas Kota Curup tengah memilih bawang yang akan ia beli. Saat ini harga bawang merah di Kabupaten Rejang Lebong mencapai Rp 40 ribu per Kg
ARY/Bengkulu Ekspress Seorang pembeli bawang merah di Pasar Atas Kota Curup tengah memilih bawang yang akan ia beli. Saat ini harga bawang merah di Kabupaten Rejang Lebong mencapai Rp 40 ribu per Kg

CURUP, Bengkulu Ekspress – Harga komoditas barang merah di Kabupaten Rejang Lebong masih sangat tinggi. Saat ini harga bawah merah di kabupaten Rejang Lebong mencapai Rp 40 ribu per Kg.

“Untuk saat ini harga bawang merah masih ada di angka Rp 40 ribu per Kg,” terang Rita (45) salah satu pedagang bawang merah di Kota Curup.

Mahalnya harga bawang merah di Kabupaten Rejang Lebong, tak lain karena kurangnya pasokan bawang merah dari sejumlah daerah yang selama ini memasok kebutuhan bawang merah di Rejang Lebong seperti dari pulau Jawa.

“Harga bawang mahal karena stok kita terbatas lantaran barang dari luar seperti dari Pulau Jawa tidak masuk,” paparnya.

Untuk memenuhi kebutuhan akan bawang di Kabupaten Rejang Lebong, saat ini sejumlah pedagang bawang dibeberapa pasar tradisional yang ada di Rejang Lebong memanfaatkan suplai bawang dari Kota Padang Sumatera Barat.

Apa yang disampaikan Rita tersebut, diamini oleh, Eni (30) pedagang bawang lainnya. Menurut Eni naiknya harga bawang di Kabupaten Rejang Lebong yang menyentuh harga Rp 40 ribu per Kg karena kurangnya stok bawang merah di Kabupaten Rejang Lebong.

“Naik ini karena barangnya tidak ada, sehingga modal kita sudah besar dan terpaksa kita menjualnya juga mahal,” aku Eni.

Tak jauh berbeda dengan harga bawang merah, harga bawang putih juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dimana menurutnya saat ini harga bawang putih di Kabupaten Rejang Lebong juga mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp 39 ribu per Kg. “Bawang putih harganya tak jauh beda dengan bawang merah hanya selisih Rp 1000 saja,” aku Eni.

Tak hanya bawang merah dan bawang putih yang harganya masih mahal. Namun juga dialami harga Cabai merah juga tengah mengalami kenaikan, dimana harga 1 kg cabai merah mencapai Rp 40 ribu.

“Cabai juga sekarang sudah mulai mahal, dipasaran Rp 40 ribu, Kalau cabai tak tahu sebabnya, tapi memang jarang yang jual, kemungkinan karena cabai yang dihasilkan petani kita banyak dijual keluar daerah,” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, selain bawang merah lokal, saat ini juga bawang merah komoditas ekspor juga mulai banyak dijual di Kabupaten Rejang Lebong. Meskipun ukuran bawangnya lebih besar dari bawang lokal namun harga bawang merah loka jauh lebih murah yaitu diharga Rp 28 ribu per Kg.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*