Guru Disebar ke Pelosok

Puluhan guru akan didistribusikan ke sekolah  terpencil, guna memenuhi kekurangan tenaga pengajar di wilayah itu
MUKOMUKO, BE – Pemerataan tenaga  guru di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) benar – benar segera direalisasikan. Buktinya, tidak kurang dari puluhan tenaga guru, khususnya guru SD dan SLTP disebar ke pelosok. Tenaga guru yang akan didistribusikan, berdasarkan bidang studi dan disesuaikan dengan kebutuhan. “Hingga hari ini (kemarin), sekitar 50 guru sudah disiapkan untuk ditempatkan di sekolah yang jauh atau di desa cukup terpencil,” tegas Kadispendikbud Kabupaten Mukomuko, Dra Nurhasni MPd.
Tenaga guru yang didistribusikan itu adalah tenaga honor daerah (Honda). Karena jumlah tenaga Honda banyak yang mencapai 1.600 orang lebih. Puluhan tenaga yang akan di distribusikan Tahun 2015 mendatang, tidak menutup kemungkinan bakal bertambah. Karena jajarannya masih melakukan pemetaan lebih lanjut. “Mana sekolah yang nantinya masih kekurangan guru akan kita penuhi. Tidak ada perbedaan antara satu sekolah dengan sekolah lain. Semuanya sama  untuk mendapatkan pendidikan,” katanya. Hanya saja, pihaknya belum dapat mendistribusikan tenaga guru PNS. Hal itu dikarenakan jumlah guru PNS masih kurang. “Yang kita  fokuskan saat ini untuk disebar adalah tenaga Honda. Sedangkan untuk guru PNS masih kekurangan, dan tidak memungkinkan didistribusikan lagi ke daerah terpencil,” ujarnya.
Tenaga Honda yang didistribusikan ke daerah terpencil itu, pihaknya berusaha menyiapkan tunjangan bagi tenaga yang bersangkutan. “Untuk gaji pokoknyaRp 800 ribu/bulan. Nanti akan kita tambah sebesar Rp 300 ribu. Dalam satu bulan tenaga guru Honda itu mendapatkan gaji sebesar Rp 1,1 juta,” bebernya. (900)