Gunakan BOS Tepat Sasaran

BIMTEK: Para bendahara sekolah tingkat SD se-Kabupaten Kaur saat mengikuti Bimtek dana BOS dari Kemendikbud di aula SDN 1 Kaur, Selasa (1/8).
BIMTEK: Para bendahara sekolah tingkat SD se-Kabupaten Kaur saat mengikuti Bimtek dana BOS dari Kemendikbud di aula SDN 1 Kaur, Selasa (1/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Seluruh Kepala Sekolah atau bendahara sekolah se-Kabupaten Kaur diminta untuk memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara tepat guna dan tepat sasaran. Dengan demikian, hal ini tidak mengundang pengaduan masyarakat tentang penyelewengan-penyelewengan dana BOS.

“Untuk Juknis BOS hendaknya dibaca betul-betul. Sebab salah penggunaannya ini bisa menyebabkan seorang pengguna anggaran tersandung hukum,” kata Joko Setyo MAk, narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat memberikan Bimtek kepada seluruh Bendaraha Dana BOS tingkat SD di SDN 1 Kaur, kemarin (1/8).
Dikatakannya, melalui Bimtek ini, ia menyampaikan pemahaman tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Dana BOS sesuai dengan Permendikbud nomor 8 tahun 2017. Dalam Permendikbud tersebut sudah jelas baik pengunaan Dana BOS maupun yang lainnya. Dengan begitu untuk menambah wawasan serta pengetahuan seluruh bendahara BOS, dilakukan Bimtek.

“Bimtek yang kita gelar membahas tentang Permendikbud, serta hal-hal yang tidak boleh menggunakan dana BOS itu sendiri,” terangnya.
Ditambahkannya, ia berharap melalui kegiatan ini para bendahara dapat memahami penggunaan dana BOS sesuai peruntukannya dan penggunaannya agar tidak banyak revisi, sehingga tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Bimtek tersebut juga bertujuan untuk kemantapan peserta dalam hal pengetahuan tentang alokasi dan perencanaan dana BOS 2017 dan perencanaan 2018 mendatang.

“Dengan adanya pelatihan ini dana BOS yang disalurkan ke sekolah-sekolah benar-benar tidak ada kesalahan dalam pengunaan dana, dan tidak ada yang tersandung hukum,” jelasnya. (618)