Gubernur Bengkulu Jamin Tak Ada Kecurangan UN

Sidak Gubernur (3)
BENTENG, BE – Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah SAg MPd menjamin pelaksanaan ujian nasional (UN) di Bengkulu Tengah tidak akan terjadi kecurangan. Sebab, dari inspeksi mendadak (Sidak) yang dilaksanakannya tidak menemukan kemungkinan-kemungkinan kecurangan dapat terjadi.
Dijelaskan Gubernur, dari sidak yang dilaksanakannya di empat sekolah yaitu SMAN 2 dan MA Nurul Huda Kecamatan Taba Penanjung serta SMAN 1 Benteng Talang Empat dan SMKN 2 Pondok Kelapa, pihaknya melihat kondisi unas berjalan sesuai baik karena para peserta unas sudah menyiapkan diri untuk mengikuti ujian nasional.
“Saya datang ke SMAN 2 Taba Penanjung jam 7 kurang 15 menit. Kepala sekolahnya belum ada, saya lihat tidak ada kecurangan-kecurangan yang terjadi. Semua berjalan dengan baik, para siswa-siswi saya tanya siap ujian mereka menyatakan siap, dan tidak ada kendala,” ujar Gubernur dengan penuh semangat.
Gybernur yang akrab disap UJH (Ustad Junaidi Hamsyah) ini menyebutkan, bahwa tujuannya melakukan sidak di Bengkulu Tengah karena adanya isu-isu kebocoran dan sebagai terkait pelaksaan unas di kabupaten yang meraih pringkat terendah tahun lalu tersebut. “Tadi saya harap saya melihat guru-guru membagi kunci jawaban ternyata itu semua tidak ada. Mala siswi-siswi minta foto selfi kepadaa saya,” ucap Gubernur sembari tertawa.
Dengan persiapan maksimal yang dilaksanakan seluruh sekolah dimasing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu Gubernur berharap hasil yang didapat para peserta dapat maksimal dengan meraih nilai tertinggi. Karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah menyiapkan riward khusus bagi para pelajar peraih nilai tertinggi unas. “Reward-nya untuk 10 orang peraih nilai tertinggi kita siapkan beasiswa kuliah di luar negari. Tetapi mereka harus melakukan seleksi nantinya,” tutur Gubernur.
Junaidi mengharapan tidak adanya pemberitaan isu kecurangan yang digembor-gemborkan media dalam pelaksanaan UN. Sebab ,seluruh sekolah Provinsi Bengkulu telah mempersiapkan dan melaksanaan ujian dengan baik, sehingga tidak adanya kebocoran-kebocaran seperti yang diisukan tersebut. “Dimana kecurangannya kasih tahu biar bisa kita tambal,” katanya.

DPRD Benteng Ikut Sidak
Bukan hanya Gubernur Bengkulu DPRD Bengkulu Tengah juga melaksanakan sidak disekolah SMAN 1 Benteng tersebut. Ketua DPRD Tarmizi serta jajaran Komisi 1 diantarnya Susiana, Ir Sucipto dan lainya ikut memantau pelaksanaan unas disekolah favorit tersebut. “Kita ikut memantau pelaksanaan unas, supaya tidak ada kecurang yang terjadi. Kita lihat semuanya berjalan dengan baik dan kondusif,” tegas Tarmizi.
Pelaksaan sidang berjalan hampir satu jam, sebelum akhirnya rombangan Gubernur dan DPRD Bengkulu Tengah meninggalkan lokasi sekolah setelah siswa usai melaksanakan ujian nasionas mata pelajara Bahasa Indonesia. (320)