Gubernur Bengkulu Serahkan Balai Metrologi ke Pemkot

rohidin mersyahBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu secara resmi menyerahkan UPTD Balai Metrologi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan peralihan status tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentangan kewenangan pemerintah daerah.

“Penyerahan sesuai dengan amanat undang-undang,” ujar Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan di Gedung Serbaguna (GSG) Pemprov Bengkulu, Senin (25/9).

Dijelaskannya, penyerahan UPTD itu mulai dari personil, sarana dan prasarana serta dokumen. Untuk personil yang diserahkan sebanyak 12 pegawai. Sarana dalam bentuk tanah atau lahan dengan nilai Rp 115 juta. Peralatan mesin Metrologi senilai Rp 819 juta. Aset gedung kantor senilai Rp 3 miliar dan total aset semua UPTD Metrologi sebesar Rp 4,9 miliar.

Rohidin Mersyah“Aset yang sudah diserahkan, kita minta Pemkot langsung membukukan. Biar tidak berubah lagi administrasinya,” tambahnya.

Selian itu, untuk gaji pegawai dari Bulan September sampai Desember 2017, masih menjadi tanggung jawab Pemprov Bengkulu. Namun untuk tahun depan, gaji pegawai itu menjadi tanggungjawab Pemkot.

“Kita minta Pemkot dapat menganggarkannya untuk gaji tahun depan. Dengan peralihan tersebut kita berharap pelayanannya dapat lebih menyatu kepada masyarakat,” pungkas Rohidin. (151)