GM Telkom Pantau Internet UNBK

General Manager PT. Telkom Wilayah Bengkulu, H. Nugroho Setio Budi, ST berbincang-bincang dengan Kepsek SMKN 1, Evriza MPd, kemarin (5/4).
General Manager PT. Telkom Wilayah Bengkulu, H. Nugroho Setio Budi, ST berbincang-bincang dengan Kepsek SMKN 1, Evriza MPd, kemarin (5/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – PT. Telkom wilayah Bengkulu mengaku sukses mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan UNBK jenjang SMK yang telah empat hari berlangsung berjalan aman dan lancar.

“Berdasarkan pemantauan di sekolah, hingga hari keempat UNBK tidak terdapat kendala jaringan, semua berjalan lancar dan aman, ” ungkap General Manager PT. Telkom Wilayah Bengkulu, H. Nugroho Setio Budi, ST usai pemantauan di SMKN 1 Kota Bengkulu, kemarin.

Pada kesempatan itu, Budi didampingi Kepsek SMKN 1, Evriza M.Pd didampingi Tehnisi UNBK, Jefrinaldi memantau proses pelaksanaan UNBK di empat ruang komputernya.

Sebagaimana diketahui, UNBK memprioritaskan jaringan internet. Disinilah peran PT Telkom dalam menyediakan jaringan untuk bisa mengakses hingga ke Puspendik.

Karena UNBK menggunakan sistem semi-online, maka soal yang dikirim dari pusat melalui server harus diunduh atau singkronisasi.

“Pada proses sinkronsiasi data inilah memerlukan jaringan internet yang full, sehingga proses pengunduhan bank soal harus berjalan dengan lancar. Jika dalam pelaksanaan ada kendala, PT Telkom Bengkulu terbuka lebar bagi sekolah untuk melakukan pengunduhan data,” Budi.

Setelah data berhasil diunduh, maka dimasukkan kedalam server sekolah. Kondisi ini bisa dibilang jaringan internet sudah aman. Kemudian pada saat siswa melakukan ujian, data dari server diunduh melalui server sekolah secara offline.

“Saat ujian tidak lagi menggunakan jaringan internet secara full karena pelaksanaannya dilakukan secara semi offline,” papar Budi.

Selain SMK, ia pun tengah melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan UNBK jenjang SMA/ MA. Dimana proses sinfkronisasi data akan disiapkan mulai besok (hari ini-red).

Sebelum dilakukan pengunduhan, ia perlu melihat spesifikasi sarana dan prasarana komputer di sekolah. Untuk dipastikan jaringan di sekolah telah terakses dengan jaringan optik.

Masih dikatakan Budi, untuk mendukung pelaksanaan UNBK, PT Telkom juga menyiapkan satuan tugas pemantau jaringan internet yang disebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Kami siapkan tim masing-masing daerah, satu orang, terkecuali di Kota Bengkulu,” imbuhnya.

Bila sekolah mengalami gangguan jaringan, maka perlu diidentifikasi terlebih dahulu, apakah jaringan internet bermasalah di servernya atau jaringanya. Jika terkendala pada jaringan internet, maka tim dari Telkom siap menindaklanjutinya.

“Teknisi sudah kita siapkan, dan Telkom akan selalu berkoordinasi dengan petugas teknisi dari sekolah, ” tutupnya. (247)