Genjot Penagihan PBB-P2 2015

TUBEI,BE – Saat ini Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lebong sedang berupaya menggenjot realisasi penagihan PBB-P2 2015. Jatuh tempo penagihan itu hanya tersisa sekitar 1,5 bulan lagi, yaitu pada 10 November 2015 mendatang. Hingga akhir Agustus 2015 lalu, realisasi PBB-P2 baru mencapai 41% atau senilai Rp 410 juta dari target Rp 1 M.

Dijelaskan Kepala DPPKAD Lebong Mahmud Siam SP MM melalui Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil Syarifuddin SSos MSi berbagai upaya sudah dilakukan bidangnya untuk menggenjot perolehan PBB-P2, diantaranya dengan melayangkan surat pemberitahuan ke para Kades dan Camat untuk melakukan klarifikasi pembayaran dan penagihan. Terutama ke perusahaan dibeberapa wilayah kecamatan, diantaranya PLTA Tes Kecamatan Lebong Selatan Rp 394 juta dan PT Bangun Tirta Lestari sebesar Rp 189 juta. Serta hotel dan bank yang ada di Kabupaten Lebong.

“Kami berupaya agar tahun 2015 ini bisa memcapai target yang muaranya pada sejarah dan prestasi bagi Kabupaten Lebong sendiri dalam pengelolaan PBB-P2. Terhitung sejak pengalihan dari KPP Pratama Curup. Apalagi prestasi ini dikarenakan hanya beberapa kab/kota yang mampu meningkatkan dan merealisasikan pengelolaan PBB-P2. Sedangkan bebrapa kabupaten bahkan dinilai gagal,” ungkap Syarif.

Saat ini, sambung Syarif, Lebong sedang mendapatkan perhatian dari Kantor Wilayah Dirjen Pajak Lampung sebagai salah satu kab/kota dalam pengelolaan PBB-P2. Apalagi, dari target awal Rp 300 juta yang ditetapkan KPP Pratama, dalam waktu 2 tahun, sudah bisa menargetkan hingga Rp 1 miliar.

“Bahkan dengan dukungan semua pihak, Bidang Pendapatan dan Bagi Hasil DPPKAD Lebong menargetkan, dalam waktu 4-5 tahun kita akan mencapai Rp 2 miliar. Salah satunya motivasi kita agar terus meningkat, seperti tahun lalu, tahun ini kita tetap memberikan reward untuk kades dan camat terbaik,” pungkas Syarif. (777)