Gelombang Tinggi Terjadi Seminggu Kedepan

DIINGATKAN: Nelayan diingatkan ekstra hati – hati, karena tujuh hari kedepan gelombang tinggi.
DIINGATKAN: Nelayan diingatkan ekstra hati – hati, karena tujuh hari kedepan gelombang tinggi.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Gelombang tinggi di perairan Mukomuko diperkirakan berlangsung hingga 7 hari kedepan atau selama satu minggu. Nelayan yang beraktifitas di perairan agar tetap waspada dan berhati – hati.

“Prakiraan gelombang tinggi mulai 2,5 hingga 4 meter lebih akan berlangsung hingga 7 hari kedepan, nelayan harus lebih waspada,” tegas Danposal Kabupaten Mukomuko, Peltu Sapto Agus kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (1/8). Ketinggian gelombang tersebut sangat berbahaya bagi nelayan. Ini disampaikan untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan terjadi di perairan Kabupaten Mukomuko. Seperti yang terjadi baru – baru ini perahu jongkong nelayan PIM karam. Ini disebakan terjangan ombak yang mencapai ketinggian tiga meter lebih.

“Nelayan diharapkan ekstra berhati – hati. Karena ombak sangat ganas dan berbahaya bagi keselamatan nelayan,” imbaunya.
Senada disampaikan Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat. Menurutnya, gelombang dan angin kencang akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Informasi tersebut rutin disampaikan kepada kades dan ketua nelayan yang tersebar di sepanjang pesisir pantai di daerah ini.

“Prakiraan cuaca dan gelombang tinggi kita sampaikan. Harapan kita nelayan beristirahat terlebih dahulu dalam kondisi cuaca buruk. Jikalau masih ada nelayan yang tetap melaut agar ekstra berhati – hati dan jangan lupa membawa peralatan seperti pelampung,”ungkap Rahmad. (900)