Gedung SD Jadi Kandang Ternak

kambing beranak di SD N 49 Desa Muara Danau
AIR NIPIS, BE – SDN 49 Bengkulu Selatan (BS) yang berada di Desa Muara Danau, Air Nipis, sungguh memprihatinkan. Pasalnya, bangunan sekolah itu menjadi kandang ternak milik warga.
Hampir setiap hari ternak warga baik sapi ataupun kambing selalu berada di  dekat gedung sekolah. Bahkan ternak sering melahirkan di bangunan sekolah SDN 49 tersebut.
Kepala SDN 49 BS, Likus SPd saat dikonfirmasi kemarin tidak menampik jika gedung sekolahnya itu sering dijadikan  ternak  warga untuk berteduh bahkan tempat beranak. “Memang setiap hari, ternak warga selalu masuk ke pekarangan sekolah, bahkan tidak jarang di teras sekolah sering ditemukan  kotoran ternak,” katanya.
Menurut Likus, kondisi tersebut lantaran sekolah belum memiliki pagar permanen. Saat ini, sekolah hanya dipagar bambu. Namun tidak menjadi penghambat bagi ternak khususnya kambing untuk masuk ke pekarangan sekolah. Terlebih lagi saat ini sekolah sedang membangun gedung baru, sehingga pagar bambu dibuka untuk memasukan material. Hal itu semakin membuat ternak leluasa masuk pekarangan sekolah.
“Mau bagaimana lagi, kalau akan masuk sekolah, terkadang anak-anak harus mengepel teras sekolah dahulu, sebab bau kencing ternak sangat menganggu jika dibiarkan di teras,” ujar Likus.
Ia mengaku sudah menyampaikan hal itu ke Pemda. Bahkan informasi yang didapatnya, untuk pembangunan pagar sekolah sudah dianggarkan pada dana provinsi.
“Proposal sudah kami sampaikan, kami saat ini hanya menunggu realisasi, informasi yang kami dapat, pembangunan pagar sekolah kami dari dana Pemda Provinsi, mudah-mudahan saja segera teralisasi agar  siswa kami tidak lagi harus mengepel teras akibat kotoran ternak yang berserakan,” demikian Likus. (369)