Gas Melon Langka, Ini Jawaban Pertamina

Riki, Ceker Elpiji Tabung Gas Region II Sumbagsel
Riki, Ceker Elpiji Tabung Gas Region II Sumbagsel

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menanggapi kelangkaan gas elpiji 3kg bersubsidi yang terjadi di Kota Bengku, PT Pertamina yang memasok gas tersebut mengaku tak pernah mengurangi pasokan stok, menurutnya hingga hari ini pasokan stok masih stabil sama dengan pasokan sebelum terjadinya kelangkaan gas melon ini.

Riki, Ceker LPG Tabung Gas Pertamina Region II Sumbagsel mengatakan kelangkaan gas elpiji ini terjadi karena pengguna yang semakin bertambah.

“Sebenarnya alokasi gas elpiji 3kg ini tidak pernah berkurang. Hanya saja penggunanya yang semakin bertambah. Makanya kita dari Pertamina mengedepankan bahwa pengguna gas 3kg ini harusnya adalah masyarakat yang membutuhkan saja, sekarang itu kita lihat di masyarakat ini yang menengah ke atas masih pakai gas 3kg. Termasuk juga rumah makan besar masih juga menggunakan gas 3kg,” ujar Riki.

 

Riki menuturkan pihak Pertamina telah bekerjasama dengan Disperindag Kota Bengkulu untuk mengawasi penggunaan gas 3kg.

“Setiap ada permasalahan yang muncul kita selalu koordinasinya ke Disperindag,” ujar Riki.

Riki juga menyampaikan bahwa operasi pasar ini menjawab surat dari Disperindag Kota Bengkulu. Menurutnya operasi pasar yang dibuat selama 3 hari ini merupakan salah satu cara agar dapat membantu masyarakat mendapatkan gas 3kg.

“Yang untuk surat terakhir itu, kita sudah melakukan operasi pasar ini selama 3 hari. Dari operasi pasar ini nanti kita akan evaluasi, dari sana nanti akan kita ketahui apakah memang masih butuh operasi pasar, atau kita melakukan sidak untuk penggunanya itu,” jelas Riki.

Disisi lain, Yuliansyah Kabid Sarana Perdagangan dan Tertib Niaga Disperindag Kota Bengkulu mengatakan operasi pasar ini bukanlah solusi bagi kelangkaan gas melon yang terjadi di Kota Bengkulu.

“Kita sudah menyurati PT Pertamina, dijawablah dengan operasi pasar ini. Tapi operasi pasar ini kan tidak bisa dikatakan solusi karena ini tidak efektif mengatasi kelangkaan gas elpiji ini. Kita berharap agar segera ada tanggapan dari Pertamina bagaimana solusi terbaik untuk kelangkaan gas Elpiji 3kg ini,” tandas Yuliansyah. (ibe)

Baca Juga Operasi Pasar Gas 3 Kg Tak tertib, Satu Orang Bisa Beli Lebih Satu