Garnita Siap Perjuangkan Hak-hak Perempuan

Bengkulu
MEDI/Bengkulu Ekspress. Ketua DPW Ganita Malahayati, dr Anarulita saat memberikan penghargaan kepada para Perempuan Inspiratif Provinsi Bengkulu, di Hotel Santika, Kamis (20/4/2017) malam.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Ketua DPW Garnita Malahati Bengkulu, dr Anarulita Muktar, menyatakan Garnita Malahayati akan terus memperjuangkan hak-hak dan kemajuan kaum perempuan.

“Kami ingin mengembangkan sumber daya manusia untuk para wanita, karena jika para wanita itu dikembangkan serta diberdayakan maka suatu daerah juga akan ikut maju, karena perempuan multitalent tadi. Kami akan terus kembangkan insyallah kami sanggup dan tentunya dukungan semua pihak,” harap Ana saat acara malam penganugerahan perempuan inspiratif Provinsi Bengkulu, dalam acara Bengkulu Berdialog, di Hotel Santika, Kamis (20/4/2017) malam.

Terkait pemilihan perempuan inspiratif, dr Ana mengatakan, program ini dirancang untuk memberikan apresiasi kepada perempuan yang sudah memberikan manfaat kepada orang-orang disekelilingnya dalam rangka memperingati hari Kartini. “Semoga wanita Bengkulu menjadi wanita yang maju cerdas dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Perempuan yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI menambahkan, yang dianggap layak menjadi perempuan inspirasi Bengkulu yakni Bidang Entrepreneur dan Wirausaha,  Zapuri (59) merupakan pendiri sekaligus ketua Koperasi Wanita (Kopwan) Rinjani Maju Bersama. Kemudian, bidang Pendidikan Ilmu Pengetahun dan Teknologi, Yulia Suparti (45) merupakan guru SMPN 11 Kota Bengkulu yang tetap semangat menjaga lingkungan dan mengolah sampah menjadi pupuk organik. Bidang Kesehatan, Made Oka Susanti (40) yang mengabdikan diri selama 10 tahun sebagai bidan desa di Desa Suka Makmur Kecamatan Margasakti Sebelat, Kabupaten Bengkulu Utara.

Bidang Seni Sosial Budaya, Susi Handayani (44) merupakan aktivis perempuan yang konsisten pada isu-isu perempuan bergabung di WCC, dan pada tahun 2011 mulai mendirikan yayasan PUPA.
Bidang Lingkungan, dr Erniyanti Musabili (43) merupakan dokter hewan yang bertugas di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu.

Setelah melalui proses seleksi serta penilaian yang panjang dari 38 kandidat, akhirnya Garda Wanita (Garnita) Malahayati telah menganugerahkan kepada 5 perempuan yang layak menjadi Inspirasi di hari Kartini.

Sementara itu, Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda yang hadir dalam acara tersebut mengaku kagum terhadap perempuan Bengkulu khususnya, karena dari yang tak bernilai menjadi bernilai yang dari tak berdaya dicoba ditingkatkan agar menjadi berdaya dengan berbagai pendekatan. Ada yang melalui kewirausahaan, kesehatan, sosial, politik dan budaya, lingkungan.

Sehingga menunjukkan bahwa perempuan sudah memberikan sumbangsih yang luar biasa untuk kemajuan negara, maka inilah yang dinamakan pembangunan manusia dan menjadi inspirator. Dan dirinya berharap agar semua pihak dapat memberikan ruang untuk wanita berkarya.

“Saya berharap kita bisa menjadi tantangan era globalisasi, terutama kita harus berani, gigih dan percaya diri serta mau terus belajar dan yakini bahwa kita mampu. Saya mendoakan agar para perempuan bisa menunjukkan eksitensinya amin,” sampai Wawali.

Menurut Kepala Bank Indonesia Cabang Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, pembangunan ekonomi Bengkulu juga lahir dari kaum wanita yang bisa melahirkan generasi-generasi penerus yang nantinya menjadi SDM yang baik, sehingga perempuan inspirasi inilah yang menjadi ibu yang bisa melahirkan inovasi sosial lainnya. Dan dengan eksistensinya bisa menjadi inspirasi bagi wanita lainnya dan juga para kaum pria untuk bisa membangun Bengkulu lebih baik.

“Mudah-mudahan perempuan inspirasi ini betul-betul menjadi ilham dan inspirasi tak hanya kaum wanita tetapi juga pria untuk bisa membangun daerah menjadi lebih baik,”imbuh Endang. (805)