Rabu, 19/06/2013 - 15:56 WIB
Nasional | mfirdaus - Bengkulu Ekspress

Gaji ke-13 PNS, TNI, Polri Cair Juli

JAKARTA РBerita baik bagi PNS, TNI, Polri, dan pensiunan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan segera  digelontorkan dana gaji ke-13 pada awal Juli mendatang. Saat ini, pemerintah tengah melakukan finalisasi RPP pembayara gaji ke-13.

“Kalau RPP-nya sudah diteken presiden, selanjutnya terbit Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang dilanjutkan dengan penerbitan surat perintah membayar pada seluruh kantor perbendaharaan negara baik pusat dan daerah,” kata Karo Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Muhammad Imanuddin kepada media ini, Rabu (19/6).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, RPP Gaji ke-13 turun di akhir Juni. Untuk selanjutnya dibayarkan pada awal Juli. Pemberian gaji ke-13 yang dimulai sejak era pemerintahan Megawati Soekarnoputri itu tujuannya membantu seluruh aparatur sipil negara dan pensiunan menghadapi tahun ajaran baru bagi putra-putrinya. Besarannya satu bulan gaji pokok tanpa potongan.

“Karena ini sudah jadi kebiasaan tiap tahun dan dananya pun sudah ditransfer ke daerah, jadi tidak ada cerita bila pembayaran kepada aparaturnya terlambat,” tegasnya.

Diakui Imanuddin, realisasi pembayaran gaji 13 tidak bisa serentak dilakukan di seluruh daerah. Hal ini terkait dengan mekanisme administrasi keuangan. Itu sebabnya, sejak sekarang setiap bendahara daerah sudah harus menyiapkan seluruh dokumen untuk pencairan gaji 13. Ini agar saat RPP dan PMK turun, dananya bisa secepatnya dicairkan.

“Jadi jangan ditahan-tahan dananya. Awal Juli dan paling lambat pertengahan Juli semuanya sudah harus dibayarkan,” tandasnya. (esy/jpnn)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× lima = 10

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved