Sabtu, 13/04/2013 - 10:30 WIB
Seputar Kota | beonline - Bengkulu Ekspress

Gaji ke-13 Cair Juni

BENGKULU, BE - Kabar gembira datang dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Bengkulu. Apabila tidak ada aral melintang, pada bulan Juni nanti, para PNS di lingkungan Kota Bengkulu akan  mendapatkan gaji ke-13. Pembayaran ini dinilai sudah menjadi amanat undang-undang.

Data terhimpun, alokasi anggaran belanja pegawai dalam RAPBN 2013 telah direncanakan sebesar Rp 241,1 triliun. Jumlah ini meningkat Rp 28,9 triliun atau 13,6 persen dari pagu belanja pegawai dalam APBN-P 2012. “Pemerintah besar kemungkinan akan merealisasikannya pada bulan Juni nanti. Pencairan akan dilakukan sebelum masuknya tahun ajaran baru,” kata Kepala DPPKA Kota Bengkulu, Syaferi Syarif SH MSi, kemarin.

Dijelaskannya, pertimbangan bahwa gaji tersebut keluar pada bulan Juni karena mengacu pada tahun-tahun sebelumnya. Dinyatakannya, pihak DPPKA masih menunggu surat ederan dari Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) untuk membayarkan gaji ke 13 bagi para PNS di lingkungan Kota Bengkulu itu. “Dengan gaji ke 13 ini, diharapkan dapat meringankan beban para PNS yang menyekolahkan anaknya. Terlebih yang anaknya sudah menanjak ke bangku perkuliahan,” sampainya.

Dijanjikan Syaferi, pihaknya tidak akan menunda-nunda apabila Surat Edaran Mendagri telah turun karena hal itu merupakan hak para PNS yang pembayarannya harus disegerakan. “Kalau memang dananya turun pada bulan Juni, maka per 1 Juli akan kami bagikan,” tukasnya.

Terpisah, salah seorang PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Yenni Fitriani MSi Apt menyambut baik adanya pembagian gaji ke 13 ini. Ia berharap, pembagian dana ini dapat membantunya untuk menutupi banyaknya kebutuhan yang diperlukan pada pertengahan tahun ini. “Tentu dana ini sangat membantu. Sudah saya rencanakan untuk dialokasikan bagi sekolah keponakan saya keluar Jawa,” ujarnya.

Terlebih, sambung Yenni, tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan sekolah, namun juga dapat digunakan untuk persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri. (009)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


8 − = enam

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved