Gaji Kades Tak Kunjung Cair

KEPAHIANG, BE – Anggota DPRD Kepahiang, Supianto SE mengunbgkapkan, honor kepala desa (Kades) sekabupaten, sejak Desember 2014 hingga kini tak kunjung dibayar. “Sejak Desember 2014 hingga bulan ini, Kades tak kunjung menerima honor. Entah apa penyebab keterlambatan gaji Kades tersebut, padahal pengesahan APBD 2015 sudah lama kita lakukan,” ujar politisi Golkar ini kemarin.
Dikatakannya, dengan kondisi ini pihaknya selaku wakil rakyat selalu didesak oleh para Kades. Apalgi dengan tidak dicairkannya honor Kades ini membuat kinerja pemerintahan di desa terganggu.
“Kalaupun ada kabar gaji Kades di satukan dengan ADD, rasanya waktu pembahasan anggaran 2015, gaji Kades termasuk dengan belanja tidak langsung, berarti tidak ada alasan gaji kades diperhambat, karena anggaran sudah dimulai, jangan sampai menimbulkan masalah, seperti didemo Kades seperti tahun-tahun sebelumnya,” sesal Supianto.
Dirinya berharap, agar pihak terkait lebih memahami kondisi masyarakat yang membutuhkan.
“Tentu saja, Kades mempunyai tanggung jawab dalam hal ini ekonomi keluarga, hal tersebut sudah dipertanyakan oleh beberapa Kades kepada saya, mengapa gaji mereka belum juga diberikan,” tegasnya.
Sementara itu Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra SE menyampaikan terkait dengan belum dibayarkannya honor Kades ini, pihaknya akan melakukan hearing dengan forum Kades di Kepahiang.
“Kades saat ini tidak bisa lagi menyalahkan lembaga DPRD terkait mereka belum menerima gaji bulanan mereka,” jelasnya. (505)