FAKTA: Sentuhan Ini Bisa Mengubah Hidup Anda

gairah wanitaSentuhan adalah mungkin yang paling diremehkan dari semua panca indera. Ada sekitar 5 juta sentuhan reseptor di kulit Anda, sekitar 3.000 di setiap ujung jari.

Bahkan manfaat paling dasar dari sentuhan adalah menurunkan tekanan darah dan detak jantung, sementara juga menenangkan sistem saraf dan memicu pelepasan hormon bahagia seperti endorfin dan oksitosin. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami tubuh yang meringankan rasa sakit baik fisik dan mental, membuat Anda jauh lebih bahagia.

Oksitosin adalah hormon yang berhubungan dengan perasa seperti cinta, kepercayaan dan ikatan.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kekuatan sentuhan, seperti dilansir laman India Times, Senin (26/10).

1. Memeluk seseorang atau memegang tangan mereka benar-benar bisa menghilangkan efek stres.

Sebuah studi menemukan bahwa memeluk seseorang selama 20 detik dan memegang tangan mereka selama 10 menit bisa membatalkan efek stres dan memperbaiki denyut jantung dan tekanan darah.

2. Wanita yang memeluk lebih sering secara fisik sehat daripada mereka yang tidak.

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang sering dipeluk oleh mitra mereka memiliki tekanan darah lebih rendah dan denyut jantung lebih normal daripada mereka yang tidak. Mereka juga memiliki tingkat yang lebih tinggi dari hormon oksitosin.

3. Sentuhan di lengan bisa meningkatkan peluang seorang pria mendapatkan seorang wanita.

Studi menunjukkan bahwa menyentuh lembut lengan wanita bisa meningkatkan kemungkinan seorang pria mendapatkan si dia. Selanjutnya, dua-pertiga dari perempuan lebih mungkin untuk menyetujui menari dengan seorang pria jika ia menyentuh lengannya beberapa detik sebelum meminta dia untuk menari.

4. Semakin Anda memeluk anak-anak, semakin membantu mereka tumbuh.

Kita perlu empat pelukan sehari untuk bertahan hidup, delapan pelukan sehari untuk menjaga kesehatan dan dua belas pelukan per hari untuk pertumbuhan. Pada dasarnya, semakin Anda memeluk anak-anak Anda maka akan semakin sehat dan bahagia mereka dan tentunya Anda juga.

5. Anak-anak yang kehilangan sentuhan kasih sayang cenderung memiliki perilaku kasar ketika dewasa.

Sentuhan kasih sayang sangat penting dan bagi anak yang kurang kasih sayang maka hal ini akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kehilangan sentuhan jauh lebih mungkin untuk menjadi kasar dan agresif ketika mereka tumbuh dewasa.

6. Sentuhan sederhana di tempat yang tepat bisa membantu orang berhenti merokok

Sebuah studi menemukan bahwa sentuhan bisa membantu orang yang ingin berhenti merokok. Studi ini menemukan bahwa menggosok tangan Anda bersama-sama atau membelai cuping telinga Anda bisa membantu Anda mengalahkan keinginan untuk merokok.(fny/jpnn)