Erna Sari Dewi, Harapkan Wanita Harus Berpendidikan

erna_risma_smallBengkuluekspress.com – Melalui peringatan Hari Kartini yang biasa diperingati setiap tanggal 21 April, salah satu sosok Kartini Bengkulu yang saat ini menjadi salah satu orang penting di Kota Bengkulu ini Erna Sari Dewi SE, Ketua DPRD Kota Bengkulu. Melalui peringatan yang lebih dikenal dengan tokoh emansipasi wanita ini, Politisi asal partai Nasdem ini mengingatkan wanita agar tidak hanya memaknai hari Kartini secara seremonial saja akan tetapi lebih pada memaknai perjuangan tokoh emansipasi wanita yang memperjuangkan hak emansipasi wanita-wanita yang ada di indonesia. “ Kita juga jangan salah kaprah menanggapi arti emansipasi itu sendiri, emansispasi yang dimaksud bukan kita ingin disamakan dengan laki-laki, tentu kita bebeda. Tetapi kita hanya ingin disejajarkan dalam beberapa segi seperti, pendidikan yang baik, mempunyai kesempatan dan hak yang sama dan luas dalam bidang pemerintahan maupun swasta, itulah sebenarnya arti subtansi emantipasi itu sendiri,” ujarnya ketika BE temui dikantornya di pusat perkantoran Bentiring.

Ditambahkannya, seperti yang kita ketahui bersama, sosok kartini adalah sosok wanita yang sangat luar biasa, yang mana beliau menggambarkan sebagai sosok wanita yang cerdas, sebenarnya itu yang harus   oleh kita bersama. “Perempuan sekarang harus cerdas dalam menanggapi segi apapun,” harapnya.

Disamping itu, wanita yang pernah menjadi presenter di TVRI ini, mengingatkan untuk seluruh wanita khususnya di kota Bengkulu, bahwa yang paling penting seorang wanita harus berpendidikan sehingga dengan mengenyam pendidikan yang tinggi, seorang wanita memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas. “Misalnya seorang wanita yang menjadi ibu rumah tangga, walau pun hanya bekerja di rumah tapi juga memiliki ilmu dan pengetahuan agar tahu bagaimana cara mendidik anak, mengatur keuangan keluarga, bagi saya, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga termasuk pekerjaan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Diakhir wawancaranya, dirinya berpesan kepada seluruh wanita-wanita indonesia khususnya wanita kota Bengkulu, jadilah wanita yang mandiri, cerdas, dan terus tingkatkan kapasitas dan kualitas diri serta berpartisipasi dalam pembangunan. (andri)