Enam Siswa Tak Ikut UN

sekda seluma saat rapat persiapan KTNA di kepayiang

TAIS, BE- Enam siswa tak mengikuti Ujian Nasional (UN) hari pertama, Senin (13/04) kemarin. Jumlah itu, lima siswa sudah keluar sekolah sebelum pelaksanaan UN, sehingga dipastikan tidak lulus UN. Sedangkan satu pelajar mengalami sakit, sehingga akan melaksanakan UN susulan pada 20 April nanti.
“Untuk pelaksanaan tetap berjalan lancar dan tidak ada siswa telat serta berjalan lancar. Namun 6 orang tidak ikut serta dan satu diantaranya sakit,” sampai Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Seluma, Muksir Ibrahim SPd, Senin (13/04).
Disampaikan, mereka yang tidak mengikuti UN dari SMA N 1 sebanyak 1 orang atas nama Kurnia Wati, SMA N 4 sebanyak 1 orang atas nama Rezi Fitriani. SMA Muhamadiyah 1 orang atas nama Andi Julius. Serta MAN 1 orang atas nama Leza lestari, sedangkan untuk SMK 1 sebanyak 1 orang dan SMK 2 sebanyak 1 orang.
Sedangkan siswa SMA Muhamadiyah 1 orang atas nama Andi Julius akan melakukan UN susulan mengingat bersangkutan sakit, setelah pihak keluarga menyampaikan surat keterangan sakit serta diperkuat dengan siswa ini harus menjalani perawatan intensif. “Untuk pelaksanaan UN susulan hanya satu siswa saja. Kedepan diharapkan peserta UN dapat hadir secara keseluruhan,” bebernya.
Sementara itu, untuk lembar jawaban pelaksanaan UN untuk wilayah Talo, SAM dan SA terlebih dahulu dikumpulkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma. Setelah lengkap barulah dibawa ke Unib sembari singgah di Polsek Sukaraja untuk menjemput lembaran jawaban. Sedangkan Soal UN sendiri dimusnahkan di sekolah masing-masing setelah dihadiri pihak kepolisian dan dilengkapi dengan berita acaranya terlebih dahulu. “Untuk lembaran jawaban langsung menuju UNIB Bengkulu untuk diperiksa,” singkatnya.
Disampaikan, untuk naskah soal UN praktek untuk SMK 2 kekurangan, saat ini telah sampai. Sehingga tidak ditemukan lagi sejumlah kekurangan tersebut. Sehingga ujian sendiri dapat dilakukan pada kamis mendatang. “Naskah soal UN praktek untuk SMK 2 telah sampai sebanyak satu dus, dan sekarang tidak ada lagi kekurangan,” singkatnya.

Beri Hadiah
Terpisah, Bupati Seluma, H Bundra Jaya SH MH dalam pemantauan UN ke SMK 3 Dermayu Kecamatan Sukaraja, akan memberikan hadiah kepada peserta UN berhasil meraih nilai tertinggi se-Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Seluma. “Bagi mereka peserta UN ini akan kita beri hadiah jika memang meraih nilai terbaik,” sampainya.
Selain itu, dalam pemantauan pelaskanaan UN ini bupati Seluma sendiri ditemuni oleh Ketua DPRD Seluma Husni Thambrin SH MH serta kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Seluma Muksir Ibrahiim SPd. Namun, dalam kunjuungan tersebut tidak ditemukan sejumlah kekuraangan soal maupun lembar jawaban. Mengingat keseluruhannya telah terdapat cadangan. “Untuk pelaksanaan hari pertama ini berjalan sukses. Beberapa hari kedepan masih ada sehingga diharus sukses,”sampainya.(333)