Enam Mobnas Tak Laku

mobil_dinas-01TAIS, BE – Pemkab Seluma telah melelang enam unit mobil dinas berusia tua. Dengan jumlah 28 unit. Dari jumlah itu ada enam unit tidak laku. Mobil yang tidak laku itu tidak ada yang menawarnya.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Seluma Mirin Ajib SH MH kepada BE kemarin (17/11) menuturkan, ”Dari total 28 unit, sebanyak 6 unit tidak laku atau tidak ada yang melakukan penawaran. Pelelangan sendiri dilakukan langsung oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu. Termasuk untuk penetapan harga mobnas yang dilelang tersebut.”

Kendaraan yang laku saat pelelangan proses pembayaran dan administrasinya diselesaikan oleh KPKNL bersama pemenang lelang. Daerah hanya menerima pembayaran dari KPKNL dan disetorkan ke kas daerah.

Enam unit kendaraan yang tidak ada penawarnya tersebut, yakni dua unit Toyota Fortuner yang sebelumnya digunakan oleh Kajari Tais dan Kapolres Seluma. Kemudian satu unit jenis Ford Everest, dua unit Toyota Kijang Kapsul lama, serta satu unit Dum Truck Dyna.

Keenam mobnas yang belum laku tersebut diterbitkan kembali surat asetnya sehingga dikembalikan menjadi aset daerah.

“Kendaraan yang tidak terjual tetap akan menjadi aset seluma dan belum dihapuskan,”singkatnya.

Mirin mengatakan, mobnas tersebut tidak ada yang menawar kemungkinan karena tingginya harga yang ditetapkan oleh KPKNL. Untuk Toyota Fortuner senilai Rp 204 juta, namun untuk masalah penetapan harga ini menjadi kewenangan dari KPKNL sendiri dalam penetapan harganya.

Adapun kendaraan dinas yang sudah laku dalam pelelangan, yakni sebanyak 23 unit mobnas bekas. Jenis Suzuky Carry minibus, Suzuky Carry Pick Up, kemudian Toyota Avanza lama. Serta Suzuky Katana dan beberapa jenis lainnya.

“KPKNL yang memprosesnya. Kita tidak terlibat dalam penentuan pemenang dan Pemkab hanya menerima hasil melalui rekening daerah saja,”sampainya. (333)