Empat Titik Pipa PDAM Bengkulu Utara Bocor

IMG_4586
Foto RIKZY/BE Salah satu titik pipa PDAM TRS yang bocor berada tepat di depan SMKN 2 Arga Makmur, Kelurahan Gunung Agung

ARGA MAKMUR, BE – Empat titik pipa PDAM Tirta Ratu Samban (TRS) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) di Kecamatan Kota Arga Makmur bocor. Pantauan Bengkulu Ekspress, salah satu pipa bocor berada di Kelurahan Gunung Agung, tepatnya di depan SMKN 2 Arga Makmur.

Meski diketahui tidak menganggu aliran air jalur pipa yang dilintasi pipa tersebut, namun tumpahan air dari pipa bocor tersebut cukup untuk membasahi badan jalan, mengingat letak pipa tepat di pinggir jalan besar. Direktur PDAM TRS Kabupaten BU, Ujang Zakaria saat dikonfirmasi mengatakan, kebocoran pipa tersebut sudah diusahakan untuk diperbaiki. Namun perbaikan tidak secara langsung tetapi bertahap.

Penyebab air bocor diketahui karena pipa yang sudah tua, tidak kuat menahan aliran air yang deras. “Saya tadi pagi sudah mendapatkan laporan jika ada sekitar 3 sampai 4 titik pipa bocor di Kecamatan Arga Makmur. Mendapatkan laporan itu kemudian saya melakukan brefing dengan bagian teknik, untuk memperbaiki pipa tersebut,” jelasnya.

“Perbaikan untuk pemerataan air, harus cepat ditindak lanjuti, saat ini bagian teknik sudah bekerja, perbaikan dilakukan bertahap. Jika pipa bocor kemudian mengeluarkan air berarti aliran air normal, selain itu pipa bocor itu tidak menganggu aliran air jalur pipa yang bocor, berdasarkan laporan di lapangan,” lanjutnya.
Ujang juga mengatakan, sejauh ini diketahui pipa induk mengalami kebocoran, namun pihaknya tidak bisa memperbaiki. Karena jika diperbaiki otomatis akan menganggu debit air yang disalurkan ke pelanggan.

“Masalah kebocoran dan kurang meratanya aliran air PDAM ke pelanggan, misalnya pelanggan yang hanya mendapatkan jatah air tidak sampai 12 jam. Menyelesaikan masalah tersebut setidaknya kami memerlukan waktu tiga bulan, akan kami kaji sekaligus melihat ulang kondisi debit air, memetakan ulang penyaluran air ke pelanggan. Hal tersebut dilakukan bertahap,” imbuhnya.

Saat ini PDAM TRS fokus melakukan perbaikan pipa bocor sekaligus melakukan pemerataan aliran air ke jalur pipa yang ada. Proyek penambahan jalur pipa untuk menambah debit air sudah selesai, harapannya semua pelanggan PDAM TRS tidak mengeluhkan adanya lagi air PDAM yang mati. (167)