Edukasi Safety Riding Astra Motor Bengkulu

Laka Lantas Bengkulu Tinggi

jos-foto-safety-riding
KOMPAK: Pihak ASTRA MOTOR Bengkulu, Polres Bengkulu dan Hotel Santika Bengkulu usai Edukasi Safety Riding (22/11). (Foto JOS/BE).

BENGKULU, BE – Tingginya jumlah angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi di Kota Bengkulu, sampai dengan bulan Desember 2016 ini mencapai 179 kejadian. Dengan rincian korban meninggal dunia (MD) sebanyak 16 orang, korban luka berat (LB) sebanyak 14 orang dan korban luka ringan (KR) sebanyak 323 orang, hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Bengkulu, AKP. Sukma Pranata, pada acara Sosialisasi dan Edukasi Safety Riding yang diselenggarkan oleh ASTRA MOTOR Bengkulu bekerjasama dengan Polres Bengkulu dan Hotel Santika Bengkulu, kemarin (22/11).

Selain memaparkan tingginya jumlah angka kecelakaan lalu lintas, Sukma juga memaparkan jumlah pelanggaran yang terjadi tahun 2016 sampai dengan Desember yakni untuk pelanggaran tilang sebanyak 12.265 dan teguran sebanyak 6.170 dengan jumlah secara keseluruhan mencapai 18.435. ” Ini menunjukan masih kurangnya, akan kesadaran dari para pengguna kendaraan, lewat edukasi safety riding ini kita coba untuk terus memberikan pemahaman akan pentingnya keselamatan dalam berkendaraan baik untuk keselamatan diri sendiri, keluarga dan orang lain”, jelas, AKP. Sukma Pranata.

Tidak hanya sampai disitu saja Sukma juga memberikan edukasi kepada seluruh peserta yang sebagian besar adalah karyawan Hotel Santika Bengkulu mengenai tips atau tata cara sebelum berkendaraan yang baik dan benar, pertama Sehat jasmani dan rohani, artinya kata Sukma pengendara tidak lagi dalam keadaan sakit atau kurang sehat, kedua periksalah kelengkapan sebelum berkendaraan mulai dari helm, jaket, pelindung siku atau lutut, serta gunakan sarung tangan. Ketiga periksa kelengkapan kendaraan seprti sim, stnk dan tanda pengenal lainnya.

Selain memberikan berbagai edukasi mengenai safety riding, pada acara yang digelar di ballroom 1 Hotel Santika Bengkulu kemarin. Pihak ASTRA MOTOR Bengkulu selaku main dealer dan retailer sepeda motor Honda di Bengkulu, juga ikut memberikan pemahaman mengenai akan pentingnya tata cara berkendaraan yang baik dan benar juga menyiapkan berbagai doorprize menarik untuk sesi tanya jawab seputar safety riding yang digelar kemarin adapun doorprize yang disiapkan seperti kaos serta jaket Honda yang cantik juga ada 2 helm SNI yang jadi rebutan bagi peserta, (Cik7).