Duh ! 38 Siswa Bolos UN

UN Siswa tampat serius mengerjakan soal bahasa indonesia pada pelaksanan UN, Senin (134 (1)

BINTUHAN,BE- Pada hari pertama, Senin (13/4) pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat di Kabupaten Kaur, sebanyak 38 siswa tidak mengikuti UN . “Siswa yang tidak hadir ini tanpa keterangan jelas, kalau masalah tidak lulusnya itu sekolah menentukan. Karena UN ini bukan penentu kelulusan,” kata Kepala Dispenbud Kabupaten Kaur Daud Abdullah SPd melalui Kabid Dikmen Yulizar ST kemarin.
Yulizar mengatakan, dari 1,376, yang hadir 1,338 siswa sedangkan tidak hadir ada 38 siswa, SMA 17 orang MA 2 siswa dan SMK 19 siswa. Untuk hari pertama ini pelaksanaan ujian, mata pelajaran untuk program studi IPA adalah Bahasa Indonesia dan Kimia. Sementara program studi IPS Bahasa Indonesia dan Geografi. “Untuk yang belum bisa mengikuti UN hari ini bisa nyusul, tapi itu harus ada keterangan yang jelas,” ujarnya.
Ditambahkan Yulizar, pelaksanaan UN hari pertama di Kabupaten Kaur ini berjalan sukses, ia berharap para siswa bisa mengikuti UN ini sampai selesai atau Kamis (16/4). Sebab UN ini juga sebagai syarat kelulusan siswa. “Mudah-mudahan selama pelaksanaan UN ini berjalan lancar, dan semua siswa dapat mengikutinya dengan baik,” harapnya.
Sementara Bupati Kaur Dr. Ir. H. Hermen Malik, M.Sc dan Kapolres AKBP Bambang Purwanto, SIK yang langsung melakukan sidak pelaksanaan UN di beberapa lokasi di SMA Kabupaten Kaur. Dalam pelasanaan UN ini bupati berharap presentase kelulusan siswa bisa 100 persen atau sesuai dengan tahun sebelumnya. “Kita berharap kelulusan tahun ini bisa lebih baik lagi dengan tahun sebelumnya, juga siswa dalam pelaksanaan UN ini dapat mengikutinya dengan baik,” harap Hermen.
Lanjut Hermen, dengan kelukusan 100 persen, artinya masing-masing siswa bisa menempuh kejenjang pendidikan tinggi. Dengan demikian akan banyak masyarakat penyenyam gelar serjana nantinya di Kaur. “Dengan tingkat kelulusan yang tinggi tentu dapat menjadi indikator kemajuan pendidikan kita saat ini,” ungkap bupati.
Sedangkan, Kapolres Kaur AKBP Bambang Porwanto SIK saat melakukan pemantauan UN, ntuk menjamin pelaksanaan UN berjalan aman dan lancar. Pihaknya sudah menempatkan sejumlah personel di masing-masing sekolah penyelenggara ujian. “Kita menempatkan personel sebanyak dua orang di masing-masing sekolah, hal ini supaya pelaksanaan UN di Kaur ini berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.(618)