Dua Raperda Inisiatif Disetujui Semua Fraksi

unsur pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD Provinsi Bengkulu, yakni pertama Raperda Provinsi Bengkulu tentang tata cara penyusunan, pengelolaan dan pembentukan produk hukum daerah dan Raperda DPRD nomor 25 tahun 2014 tentang tata tertib DPRD Provinsi Bengkulu disetujui oleh semua Fraksi dalam pandangan umum di DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa (07/03/2017).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Ihsan Fajri,S.Sos dan dari pihak eksekutif dipimpin oleh Plt Sekda Provinsi Ir.Sudoto,M,Pd mendengarkan pandangan delapan Fraksi, diantaranya dari Fraksi PDIP yang disampaikan oleh Susilowati mengatakan kedua raperda tersebut untuk menjamin kepastian hukum daerah diperlukan pedoman berdasarkan metode. Yang pasti baku dan standar. Sehingga tidak bertentangan dengan peraaturan perundang-undangan yang berlaku lebih tinggi.

“Terkait dengan muatan rancangan materi kami dari PDIP meminta ada kesepahaman terhadap beberapa hal pertama judul rapreda dapat ditinjau kembali, pihak kami memberikan usul judul rancangan peraturan daerah tentang pembentukan produk hukum daerah,” jelas Susilowati.

Fraksi PAN disampaikan oleh Armansyah Mursalin,SE berpandangan selama perubahan bertujuan untuk kebaikan memperkuat untuk pengawasan dan kemitraan dengan pihak eksekutif. Oleh sebab itu hal-hal yang perlu disempurnakan disetujui untuk dibahas ditingkat selanjutnya.

Sementara dari Fraksi Gerindra disampaikan oleh Jonaidi,SP setelah dipelajarinya di fraksi Gerindra dan telah diuraikan.

“Serta dijelaskan latar belakang serta maksud dan tujuan diusulkannya kami dapat menyetujuinya,” terangnya.

Kemudian Fraksi Golkar disampaikan oleh Mega Sulastri mengatakan mendukung sepenuhnya sehingga menjadi peraturan daerah yang dapat dijadikan acuan bersama. Dalam membuat perda Golkar berharap Perda tersebut akan menjadi Dan pedoman dan metode yang pasti baku dan standar.Dan tidak bertentangan dengan peraturan diatasnya.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Fraksi Kebangkitan Nurani Seption Muhadi,S.Ag dan Fraksi Nasdem disampaikan oleh Tantawai Dali,S,Sos,MM. (Dil/prw)