Dua Puskesmas Kekurangan Nakes

 Dua Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong masih kekurangan tenaga kesehatan.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dua Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong masih kekurangan tenaga kesehatan. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKes, mengatakan, dua Puskesmas yang kekurangan tenaga kesehatan tersebut adalah Puskesmas Binduriang dan Puskesmas Sindang Dataran.
Untuk Puskesmas Binduriang tenaga kesehatan yang mereka butuhkan yaitu tenaga dokter, sedangkan untuk Puskesmas Sindang Datarang tenaga kesehatan yang mereka butuhkan yaitu perawat.

Dengan kekurangan tenaga kesehatan tersebut, maka menurut Syamsir berdampak pada pelayanan kesehatan yang diberikan dua puskesmas tersebut. Terlebih lagi menurut Syamsir kedua Puskesmas tersebut adalah Puskesmas rawat inap, kekurangan tenaga kesehatan tersebut berdampak pada tidak maksimalnya pelayanan rawat inap yang diberikan kedua Puskesmas tersebut.

“Kalau rawat inap masih tetap mereka layani, namun tidak maksimal karena kurangnya tenaga kesehatan,” tambah Syamsir.
Untuk Puskesmas rawat inap yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Syamsir saat ini dari 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, baru ada 6 Puskesmas yang telah melayani rawat inap. 6 Puskesmas yang telah melayani rawat inap tersebut adalah Puskesmas Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Dataran, Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

“Tahun ini kita akan melakukan penambahan satu Puskesmas rawat inap yaitu Puskesmas Samberejo Selupu Rejang, dimana saat ini tengah dalam taham pembangunan ruang perawatanm,” jelasnya.
Lebih lanjut Syamsir mengungkapkan, Dinas Kesehatan akan menargetkan minimal 1 kecamatan memiliki satu Puskesmas rawat inap seperti yang ditargetkan Bupati Rejang Lebong, yaitu satu kecamatan satu Puskesmas rawat inap pada tahun 2019 mendatang.
Dengan adanya Puskesmas rawat inap disetiap kecamatan ini nanti, maka menurut Syamsir bisa masyarakat yang sakit dan tidak mesti langsung ke RSUD Curup, namun cukup dirawat di Puskesmas terlebih dahulu, terkecuali sakit yang dialaminya memerlukan penangan khusus baru dibawa ke RSUD Curup. (251)