Dua Danau Diprioritaskan Dikembangkan

danau-mukomuko-small
BUDI/Bengkulu Ekspress. DIPRIORITASKAN: Danau nibung dan Lebar diprioritaskan untuk dikembangkan.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress  – Danau Nibung yang berlokasi di Kecamatan Kota Mukomuko dan Danau Lebar di Kecamatan Teras Terunjam menjadi potensi pariwisata di daerah tersebut. Pemda Mukomuko terus berupaya untuk membangun sarana dan  prasarana  serta fasilitas pendukung lainnya  di dua danau tersebut.

“Dua danau itu kita prioritaskan untuk dikembangkan menjadi objek wisata favorit di daerah ini,” ujar  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mukomuko, Ir Kasmidi Kasim.

Khusus  di Danau Nibung, kata Kasmidi,  akan dilakukan penambahan sarana dan prasarana. Seperti pada tahun ini akan dibangun portal sebagai penanda pintu masuk dan fasilitas penunjang lainnya.

“Tahun ini kita fokus dulu di Danau Nibung.  Karena lokasi danau tersebut akan dijadikan tempat digelarnya even tahunan,” katanya. Pihaknya juga tengah  membuat draft  peraturan daerah tentang destinasi pariwisata di Kabupaten Mukomuko. Perda tersebut  akan dijadikan payung hukum dalam membangun fasilitas berikut dengan kewenangan pengelolaannya.  Untuk mengembangkan dua potensi wisata itu  membutuhkan anggaran yang besar.

“Kita juga akan usulkan proposal ke pemerintah pusat untuk pengembangan potensi wisata di daerah ini,” lanjutnya. (900)