DR (HC) H A Hijazi, SH, MSi dan Iqbal Bastari, SPd MM, Dilantik Besok.

Ary, Gedung Kantor Bupati Rejang Lebong yang baru selesai dibangun dan dalam waktu dekat ini akan diresmikan (1)

CURUP, BE – Pasca dilantiknya bupati terpilih DR (HC) H A Hijazi, SH, MSi dan Iqbal Bastari, SPd MM yang direncanakan Rabu (17/2/2016) besok. Keesokan harinya direncakan akan dilaksanakan serah terima jabatan antaran carateker bupati dengan bupati dan wakil bupati terpilih.

Serah terima jabatan tersebut rencananya akan dilakukan dengan menggelar rapat paripurna di DPRD Rejang Lebong. Hal tersebut disampaikan Kabag Persidangan dan risalah DPRD Rejang Lebong, Pranoto.

Menurut Pranoto, setelah bupati dan wakil bupati terpilih, maka wewenang bupati atau caretaker akan gugur dan tidak memiliki wewenang lagi dalam urusan pemerintahan di Rejang Lebong. Untuk Sertijab sendiri menurut Pranoto diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 167 tahun 2014 tentang tatacara pelantikan gubernur, bupati, dan walikota. Sertijab seharusnya dilakukan pada hari yang sama dengan hari pelantikan.

“Namun karena pelantikannya dilaksanakan di Bengkulu, sehingga pelaksanaan Sertijab dilakukan maksimal satu hari setelah dilaksanakannya pelantikan,” jelas Pranoto.

Sementara itu, terhitung mulai kemarin, sejumlah pejabat perwakilan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tengah melakukan rapat di Bengkulu. Rapat membahas soal persiapan pelantikan bupati termasuk Bupati Rejang Lebong.

“Kita masih melakukan rapat persiapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati termasuk Rejang Lebong,” ungkap pelaksana tugas (Plt) Sekda Rejang Lebong Ir H Zulkarnain MT saat dikonfirmasi kemarin.(251)