DPRD Sidak Gedung Dinas PU dan Jembatan Air Padang

Camera 360
ARGAMAKMUR, BE – Senin (13/4) Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melakukan sidak ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan ke Kecamatan Air Padang. Sidak ini dilakukan untuk menjawab semua keluhan masyarakat dan apa yang diperintahkan masyarakat.
“Sidak kami lakukan untuk menjawab semua pertanyaan masyarakat dan apa yang diperintahkan masyarakat. Ini kan merupakan salah satu tugas kami sebbagai wakil rakyat,” Ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten BU, Mohtadin.
Sidak pertama dilakukan di gedung Dinas PU Kabupaten BU, yang baru selesai dibangun. Gedung yang dicek oleh anggota Komisi III DPRD berjumlah 10 orang itu dibangun menggunakan anggaran tahun 2014 Rp 2 miliar.
Selain melihat kondisi gedung baru itu, anggota Komisi III juga melakukan rapat dadakan dengan Kepala Dinas PU beserta jajaranyna membahas anggaran proyek Dinas PU tahun 2015 ini.
Tercatat, proyek yang sudah diselesaikan Dinas PU mencapai 43,75 persen tahun 2015 ini, pagu anggaran proyek mencapai Rp 26 miliar sudah mencapai SP4. Sementara itu 91 paket proyek sudah masuk pelelangan dengan anggaran 35 miliar, 22 paket diantaranya sudah memasuki tahap perintah kerja. Total anggaran yang digunakan Dinas PU untuk proyek tahun 2015 ini Rp 70 miliar.
“Proyek yang sudah kami selesaikan tahun 2015 ini mencapai 43,75 persen dengan pagu anggaran Rp 26 miliar. Kedepannya pasti kami melakukan pembenahan agar proyek selesai semua tahun 2015 ini,” kata Kepala Dinas PU Kabupaten BU, Ir Maswandi MM.
Sementara itu, Mohtadin mengatakan mereka melakukan sidak ini untuk mengetahui seperti apa perencanaan proyek tahun 2015 yang dilakukan Dinas PU. Sejauh mana realisasi proyek dan sudah efektif belum proyek yang dilakukan dinas PU ini.
“Kami ingin mengetahui sejauh mana Dinas PU merealisasikan proyek yang mereka kerjakan tahun 2015 ini. Tentunya ini kami lakukan agar tidak ada pandangan negatif masyarakat kepada dinas PU atas proyek yang mereka kerjakan. Untuk menjawab apa yang diperintahkan masyarakat kepada kami,” kata Mohtadin.
Selain itu Komisi III juga meminta Dinas PU memperbaiki segera jembatan putus yang ada di Desa Teluk Ajang. Setelah selesai melakukan sidak di Dinas PU, rombongan Komisi III menuju Kecamatan Air Padang melihat jembatan putus di Desa Teluk Ajang, Kecamatan Air Padang.
Rombongan melihat langsung kondisi jembatan, sekaligus mendengar pernyataan masyarakat. Terputusnya jembatan di Kecamatan Air Padang itu membuat masyarakat kesulitan akses jalan. Karena masyarakat harus menyeberang menggunakan rakit dari bambu hasil yang dibuat inisiatif oleh warga desa Teluk Ajang dan Kembang Manis. Melihat hal ini, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten BU, Mohtadin mengaku akan segera memanggil Dinas PU agar cepat memperbaiki jembatan. Hal ini dimaksudakan agar akses warga kembali normal.
“Kami akan segera berkoodinasi dengan pihak terkait agar secepatnya memperbaiki jembatan di Kecamatan Air padang ini. Melihat masyarakat terbatas melakukan aktifitas seperti ini, jika dibiarkan terlalu lama kasian mereka,” kata Mohtadin.
Sementara Sekertaris Camat Air Padang, Zainal Abidin SE mengatakan, datangnya anggota Komisi III DPRD Kabupaten BU ini tentunya diapresiasi olehnya terlebih masyarakat sekitar.
Harapannya, jelas jembatan yang menghubungkan Desa Teluk Ajang dan Kembang Manis ini segera dikatakan kepada pihak terkait untuk diperbaiki.
“Saya mengapresasi anggota dewan yang datang langsung melihat kondisi jembatan dan aktivitas masyarakat akibat jembatan putus ini. Semoga dengan datangnya anggota dewan ini masalah jembatan putus segera diperbaiki oleh dinas terkait, mereka kan wakil rakyat, tentunya lebih tahu seperti apa cara menyampaikan kepada pihak terkait agar jembatan segera diperbaiki,” demikian Zainal.(167)