DPPKAD Imbau Masyarakat Taat Pajak

TUBEI, BE – Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya menjadi salah satu sumber untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Lebong. PAD sendiri berasal dari berbagai sumber pendapatan yang dikelola oleh Pemda Lebong dan SKPD jajarannya, salah satunya dari pajak dan retribusi. Untuk itulah, Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Lebong mengimbau masyarakat agar taat membayar pajak maupun retribusi.

“Kita harapkan, setiap tahunnya target PAD Lebong terus diupayakan meningkat. Ini juga berdasarkan dari potensi-potensi yang terus bermunculan dan digalih untuk dimanfaatkan secara optimal,” jelaskan Kepala DPPKAD Lebong Mahmud Siam, SP, MM melalui Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil Syarifuddin, S.Sos, MSi

Pajak atau retribusi yang dimaksud itu seperti, pajak rumah makan, hotel/penginapan dan tempat hiburan serta retribusi pasar. Selain itu juga ada PBB, serta royalty dan pendapatan lainnya dari berbagai sumber.

“Sumber-sumber pendapatan seperti inilah salah satunya yang terus kita gali dan optimalkan setiap tahunnya,” tambahnya.

Masyarakat, perusahaan maupun kelompok koorporasi lainnya, jika taat membayarkan kewajiban mereka kepada pemerintah secara tidak langsung sudah berperan membantu pembiayaan pembangunan daerah di Kabupaten Lebong. Pembangunan tersebut juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan si pembayar pajak itu sendiri.
“Pajak dan retribusi yang mereka bayarkan setiap tahunnya sangat bermanfaat dan membantu dalam pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sehingga usaha dan asset rumah maupun tanah yang mereka miliki, dapat membantu pembangunan daerah,” terang Syarif.(Cw2)