Dispora Siapkan Instruktur SBPI 2016

SENAM (2)
BENGKULU, BE – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu mempersiapkan tim instruktur untuk senam baru, yakni Senam Bugar Pelajar Indonesia (SBPI) 2016.  Senam ini nantinya akan disosialisasikan ke seluruh Kabupaten/Kota, supaya dapat digunakan oleh sekolah-sekolah se-Provinsi Bengkulu.
“Senam Tahun 2016 ini terdapat 2 jenis, yaitu SPBI dan Senam Bugar Anak Indonesia (SBAI). Saat ini kami masih melakukan persiapan untuk sosialisasi kedaerah-daerah Provinsi Bengkulu, yakni dengan mencari atlit senam dan melakukan latihan senam,” ujar Kcristina Dewiwati, Koordinator senam SPBI 2016 Dispora Provinsi Bengkulu, Kamis (11/2).
Kcristina Dewiwati mengatakan, senam SBPI ini nantinya akan digunakan oleh seluruh pelajar di sekolah-sekolah se-Provinsi Bengkulu. Senam baru ini diharapkan dapat membuat senam untuk pelajar lebih bervariasi dan menarik. “Senam SPBI ini nantinya diwajibkan digerakkan oleh pelajar Bengkulu, sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya.
Senam SPBI ini mempunyai tujuan untuk merangsang otak para pelajar, sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif dan bersemangat. Maka dari itu Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mewajibkan para pelajar melakukan senam SPBI, sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar sekolah. “Gerakan senam SBPI ini tidak memerlukan tempat yang luas, karena senam ini mempunyai gerakan ringan,” lengkapnya.
Gerakan SPBI ini tidak terlalu lama, yakni hanya 7 menit. Sehingga para pelajar tidak terlalu menghabiskan waktu belajarnya. Gerakan senam yang ringan membuat para siswa lebih merenggangkan otot-otot kakunya, dan melancarkan peredaran darah. Dengan badan yang fit dan segar akan berdampak positif pada kerja otak pelajar tersebut.
“Nantinya senam ini akan disosialisasikan kepada Dispora Kabupaten/Kota, sehingga nantinya dapat diteruskan kepada guru-guru sekolah masing-masing. Lalu baru diajarkan kepada siswa-siswi disekolah tersebut, serta digunakan disetiap harinya,” jelasnya.
Instruktur SBPI berjumlah 10 orang, yakni 5 orang instruktur SBPI dan 5 orang instruktur SBAI. Senam ini nantinya akan diperlombakan tingkat Nasional, maka dari itu diharapkan senam ini cepat disosialisasikan kepada pelajar di Provinsi Bengkulu. Selain menyehatkan tubuh, senam ini akan menjadi ajang prestasi para pelajar Bengkulu.
“Jika tidak terjadi perubahan jadwal, Bulan Mei 2016 nanti akan digelar perlombaan SBPI tingkat Nasional. Jadi kita nanti akan melakukan seleksi kepada sekolah-sekolah, untuk mewakili Provinsi Bengkulu pada ajang perlombaan tersebut,” ulasnya.
Gerakan senam ini yang mempunyai beberapa tahap, yakni pemanasan, inti dan pendinginan. Para intruktur akan melakukan latihan setiap hari, supaya setiap gerakan dapat dipraktikkan secara benar tanpa ada kesalahan sedikitpun. Kegiatan latihan ini difasilitasi oleh Dispora Provinsi Bengkulu.
“Para instruktur senam harus secara detail mengetahui gerakan demi gerakan SBPI ini, jika ada kesalahan gerakan nantinya akan berdampak fatal. Karena senam ini nantinya akan digunakan kepada seluruh pelajar di Provinsi Bengkulu,” pungkasnya. (cw3)