Disperindag Bina Pengrajin

Bengkulu
DOK/Bengkulu Ekspress. BINA : Kepala Disperindagkop dan IKM Benteng saat mendatangi salah satu kediaman warga di Desa Harapan, Kecamatan Pondok Kubang yang menjadi pengerajin gedebog pisang.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Industrik Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menunjukkan keseriusannya mendukung para pelaku usaha kecil. Salah satunya adalah warga yang berkecimpung sebagai pengrajin tangan dari gedebog pisang dengan cara memberikan pembinaan.

Kepala Disperindagkop dan IKM Kabupaten Benteng, Dra Yuhannah MM menjelaskan, pembinaan akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

“Sosialisasi yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu harus ditindaklanjuti. Untuk itu, secara rutin kami akan terus memberikan pembinaan kepada pengerajin gedebog pisang,” tegas Yuhannah.

Wanita yang juga menjabat selaku Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Benteng ini menjelaskan, pembinaan secara langsung perlu dilakukan lantaran gedebog pisang memiliki manfaat yang baik dalam membantu perekonomian keluarga.

“Jika ditekuni, gedebog pisang memiliki peluang ekonomis. Sebab itulah, hal ini akan terus kita sosialisasikan,” ungkapnya.

Menurut Yuhannah, gedebog pisang merupakan salah satu bahan baku yang sangat tepat dan mudah didapatkan di seluruh kawasan Kabupaten Benteng. Seperti pohon pisang kepok dan pisang raja yang memiliki kualitas yang baik untuk disulap menjadi kerajinan tangan.

“Gedebog pisang bisa diubah menjadi banyak kerajinan tangan. Seperti tampar gedebog, peci dan kopiah, tempat pensil dan tas keranjang. Dengan memiliki kemampuan mengolah gedebog pisang, diharapkan masyarakat bisa berinovasi dan mewujudkan Kabupaten Benteng sebagai salah satu daerah penghasil kerajinan tangan yang bisa dijual dengan harga yang tinggi,” pungkas Yuhannah.(***)