Disparekraf Gelar Lomba Lagu Daerah

Peserta lomba lagu daerah menggunakan pakaian adat Bengkulu

BENGKULU, BE – Untuk melestarikan warisan seni dan budaya nusantara, khususnya lagu daerah dan tari, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Bengkulu menggelar lomba lagu daerah dan tari kreasi daerah Bengkulu.   Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Disparekraf Kota Bengkulu ini terbuka untuk umum (usia 14-30 tahun) dan akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 16 sampai dengan 18 April (besok).
Dalam laporannya, Sekretaris Disparekraf Kota Bengkulu, Yayan Alfian SE,ME mengatakan, tujuan dilaksanakannya lomba lagu daerah dan tari kreasi ini untuk melestarikan seni dan budaya Bengkulu.
“Untuk lagu daerah peserta mendaftar sebanyak 58 orang realisasi 42 orang saat lomba, sedangkan untuk tari kreasi 13 tim yang berkompetisi dari 19 tim yang mendaftar,” jelas Yayan.
Agenda tahunan Disparekraf ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Parekraf Kota Bengkulu Drs. Bujang HR, MM mewakili Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan.
“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya kita dalam memotivasi generasi muda agar lebih mencintai kesenian asli daerah Bengkulu,” ungkap Bujang.
Lomba ini juga untuk meningkatkan serta mengembangkan potensi pelaku-pelaku seni di Kota Bengkulu.  “Kita semua berharap, semoga ditahun-tahun mendatang penyanyi kita yang potensial bukan hanya sekedar berkompetisi dan jadi juara tetapi bisa segera masuk dapur rekaman,” tambahnya.
“Saya tegaskan penilaian lomba ini akan berjalan dengan seadil-adilnya tanpa ada intervensi dari pihak manapun, karena dewan juri kita yang kompeten”.  Melalui lomba ini semoga kita dapat terus melestarikan bahkan mengembangkan kekayaan seni dan budaya di Bengkulu. (cik9/cw5)