Disnakan Siapkan 22 KJA Baru

CURUP, BE- Untuk mengembangkan potensi perikanan air tawar di Kabupaten Rejang Lebong. Pada tahun 2015 ini Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong akan memberdayakan sistem kolam jaring apung (KJA).
KJA tersebut akan dilakukan di kawasan Danau Talang Kering yang berada di Desa Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara. Untuk mensukseskan program tersebut, Disnakan akan menyediakan sekitar 22 KJA.
“Kegiatan ini merupakan kegiatn rutin untuk mengembangkan perikanan air tawar, dan setiap tahunnya selalu bertambah,” ungkap Kepala Disnakan Rejang Lebong, Ir Amrul Eby melalui Kabid Perikanan, Ir Tarmizi.
Menurut Tarmizi, KJA yang disiapkan tersebut akan diberikan kepada sejumlah kelompok petani ikan dikawasan tersebut. KJA yang diberikan tersebut bersifat bantuan. Selain itu ia juga menjelaskan pihak Disnakan hanya memberikan KJA sedangkan untuk  bibit ikan harus tetap diberdayakan sendiri oleh masing – masing kelompok.
“Pada prinsipnya pemerintah hanya memberikan bantuan KJA, namun untuk pengemabangan seperti bibit dilakukan oleh petani, dan hasilnya pun sepenuhnya akan milik petani ikan sendiri,” jelas Tarmizi.
Terkait dengan pemanfaatan kawasan Danau Talang Kering, menurut Tarmizi saat ini baru ada dua kelompok tani ikan yang sudah mengembangkan KJA. Jenis ikan yang mereka budidayakan jenis ikan nila dan ikan emas. Sebab, kedua jenis ikan inilah yang paling besar permintaan pasarnya. Setiap 4 bulan sekali ikan dipanen.
“Dua jenis ikan tersebut memang potensial untuk dikembangkan, selain pertumbuhannya yang relatif cepat, permintaan akan dua jenis ikan ini selalu ada dan bertambah,” tutup Tarmizi. (251)