Disnakan Bantu 20 Kelompok Ternak

ary-pembekalan-ternak-2
Kepala Disnakan Rejang Lebong, Amrul Eby saat memberikan pembekalan kepada kelompok ternak yang akan mendapatkan bantuan ternak kambing, pembekalan dilakukan di aula Disnakan Rejang Lebong, Senin (7/11) kemarin. (Foto ARY/BE).

CURUP, BE – Untuk meningkatkan populasi hewan ternak khusus kambing di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong membantu 20 kelompok ternak kambing yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Selain untuk meningkatkan populasi kambing, bantuan ini merupakan wujud dukungan kita terhadap program bibit gratis yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong,” ungkap Kepala Disnakan Rejang Lebong, Ir Amrul Eby MM didampingi Kepala Bidang Peternakan Hendra Yani SPt usai kegiatan sosialisasi penyuluhan kepada penerima bantuan kambing di Aula Disnakan Rejang Lebong Senin (7/11).

Menurut Eby, 20 kelompok penerima bantuan tersebut berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Jumlah kambing yang diterima masing-masing kelompok ternak ini beragam mulai dari 19 hingga 20 ekor kambing.

Para penerima bantuan kambing ini, menurut Eby adalah para kelompok yang sebelumnya telah mengajukan ke Disnakan Rejang Lebong. Setelah dilakukan seleksi ternyata yang siap menerima bantuan tersebut adalah 20 kelompok ternak dari 25 kelompok yang mendaftar. Namun menurut Eby untuk mereka yang belum menerima bantuan tahun ini, akan diprioritaskan para tahun depan.

Pun nanti, Disnakan akan dilebur dengan dinas pertanian Rejang Lebong, Eby berharap kedepannya program bantuan bibit ternak ini masih terus berlanjut, sehingga bisa mendorong peningkatan populasi ternak di Kabupaten Rejang Lebong.

Lebih lanjut Eby menjelaskan, dana yang digunakan untuk bantuan kambing ini bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong baik dari APBD murni maupun APBD Perubahan tahun 2016 ini. Untuk dana yang bersumber dari APBD Murni totalnya sebesar Rp 400 juta sedangkan dari APBD Perubahan sebanyak Rp 430 juta.

“Tahun ini merupakan tahun pertama kita menganggarkan bantuan ternak kepada peternak kita, karena selama ini kita hanya mengandalkan bantuan dari Provinsi Bengkulu,” papar Eby.

Untuk penyerahan bantuan sendiri, menurut Eby akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, sedangkan terkait dengan dikumpulkannya para penerima bantuan kemarin, menurut Eby untuk melihat sejauh mana kesiapan para penerima bantuan. Selain itu juga untuk, memberikan pembekalan kepada para penerima bantuan, baik terkait dengan teknis budidaya, perawatan dalan lainnya. Karena dengan diberikan pembekalan tersebut diharapkan pengembangan kambing tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan.

“Dengan adanya pembekalan seperti yang kita lakukan saat ini, maka bisa meminimalisir gagalnya pengembangan kambing yang kita berikan,” papar Eby

Lebih jauh Eby mengungkapkan, dalam pengembangan tersebut, Eby juga menjelaskan kepada para peternak, bahwa bantuan kambing yang diberikan tersebut bukan hanya bisa dimanfaatkan dagingny saja, namun juga bisa dimanfaatkan yang lainnya mulai dari daging, kotoran, urin, kulit dan susunya.

“Kedepannya para peternak ini juga akan kita latih untuk pemanfaatan lain dari kambing ini, seperti urine dan kotorannya, sehingga bisa memberikan nilai lebih kepada para peternak kita,” akhir Eby. (251)