Dishut Bengkulu Tengah Galakkan Penghijauan Hutan

madu_hutan_kabupaten_bengkulu_tengahBENTENG, Bengkulu Ekspress – Maraknya perusakan hutan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi perhatian serius Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Benteng. Salah satu upaya yang digalakan adalah dengan menggelorakan program Penghijauan Lingkungan.

Kepala Dishut Benteng, Rustam Effendi menjelaskan, salah satu upaya untuk menyukseskan program tersebut adalah dengan menyebar ratusan bibit pohon pada masyarakat, seperti  bibit kayu afrika, mahoni, gaharu, pala, mangga, dan rambutan. Selain dapat melestarikan lingkungan, pohon tersebut diharapkan juga bisa berguna bagi masyarakat.

“Penghijauan lingkungan merupakan salah satu cara paling jitu untuk menangkap kerusakan hutan,” jelas Rustam.

Menurutnya, kegiatan tersebut dirasa akan efektif mencegah kerusakan lingkungan sembari terus memberikan pemahaman pada masyarakat bahaya melakukan pembalakan dan pengrusakan lingkungan. Rustam menambahkan program tersebut juga sejalan dengan program OBIT (One Billion Indonesian Trees) yang digagas Badan Penyelamatan Lingkungan Dunia. Dia juga berharap dengan penyebaran bibit tersebut juga dapat menuntaskan permasalahan lingkunangn yang akhir-akhir ini semakin parah.

“Program tersebut, merupakan program dari pemerintah pusat. yang mana setiap orang, mampu menanam 5 pohon,” tambahnya.

Ditambahkan Rustam, pohon Jauling ini nantinya direncanakan akan ditanam di kawasan perkantoran, lembaga pendidikan, rumah ibadah, turus jalan, sepadan sungai, maupun lahan milik masyarakat.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang menyelamatkan lingkungan kita,” pungkasnya.(135)