Diserang Pneumonia, Enam Balita Meninggal

bengkuluekspresscom-01MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Balita yang meninggal dunia akibat diserang penyakit pneumonia  di Kabupaten Mukomuko mencapai sebanyak enam balita. Jumlah tersebut mengalami kenaikan seratus persen, jika dibandingkan tahun 2015 lalu yang hanya sebanyak tiga balita saja.   Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada  organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi “inflame” dan terisi oleh cairan.

“Kasus balita meninggal dunia akibat pneumonia  hingga kemarin, mencapai enam kasus atau meningkat jika dibandingkan tahun lalu,  sebanyak tiga kasus. Tetapi jika dilihat di grafik rata-rata se-Provinsi Bengkulu, jumlah kasus di daerah ini masih aman,”  ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto SKM melalui Kabid Bina Kesehatan Masyarakat, Heri Junaidi.

Kasus tersebut hingga menyebabkan  balita meninggal dunia, kata Heri, dikarenakan beberapa faktor. Seperti, dikarenakan bawaan saat lahir, dikarenakan insfeksi sewaktu kehamilan sehingga berpengaruh terhadap kesehatan balitanya dan lainnya. Meskipun tahun ini kasus balita meninggal dunia akibat pneumonia meningkat. Penambahan tersebut belum termasuk kejadian luar biasa (KLB). Pihaknya   akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk menekan jumlah kasus balita meninggal dunia akibat penyakit  tersebut.

“Kita terus berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan tentang kesehatan. Tidak hanya untuk menekan angka kematian balita akibat pneumonia. Tetapi seluruh penyakit yang membahayakan kesehatan masyarakat hingga menyebabkan meninggal dunia,” lanjutnya. (900)