Dilanda Hujan Es, 1 Jamaah Terluka

Jamaah HajiHUJAN es yang melanda Makkah pada Senin (21/8) menyebabkan satu jamaah asal Bengkulu mengalami luka berat dan dilarikan ke Rumah Sakit King Faisal, Mekkah.

Kakanwil Kemenag Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd melalui Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh, Drs H Ramlan Karim MHi diamini Kasubag Inmas, H Rolly Gunawan MHi menuturkan berdasarkan laporan ketua kloter 5, Mahbain bahwa hujan es di Mekkah mengejutkan sejumlah jamaah. Hujan es itu berlangsung sangat singkat hanya terjadi selama 10-15 menit, pada pukul 16.20 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 20.20 WIB.

Padahal kondisi sebelumnya suhu udara saat itu cukup panas, tiba-tiba langit berubah mendung dan turun ribuan butiran yang menyerupai batu es. Butiran batu es berdiameter kurang dari satu centimeter (cm) ini sempat jatuh mengenai kepala dan tubuh beberapa jemaah. Atas kejadian ini, sebagaian besar jemaah Arab sangat bersyukur dan memanjatkan doa, dan berharap hujan yang turun memberikan keberkahan bagi Jemaah haji dan penduduk Kota Mekkah. “Allahuakbar, subhanallah, barokallah, ” teriak sejumlah jamaah.

Tak ditampik, sejumlah jemaah ada yang terlihat memungut butiran batu es, bahkan ada yang langsung mendokumentasikan lewat ponsel.

Peristiwa langka itu justru membuat nahas bagi Syahlan jamaah asal kabupaten Seluma yang juga ketua regu 05 dari ketua rombongan 2 mengalami luka pada mata sebelah kiri. Diduga mata tersebut tertimpa es.

Mendapati ada korban, Syahlan kemudian dirawat oleh tim medis kloter 5, setelah ditangani oleh dokter kloter dan dokter spesialis mata, hasil pemeriksaan dari keterangan dokter spisialis tersebut bahwah mata beliau mgalami luka, sehingga korban dirujuk ke RS King Faisal Makkah.

Sementara itu dari pengakuan beberapa jamaah lainnya, ketua rombongan 1, Tamaluddin Mantab menuturkan selesai sholat Ashar hujan turun, awalnya jemaah mengira hujan yang berbentuk es adalah mutiara sehingga jemaah berhamburan untuk mengumpulkan bongkahan batu es tersebut,sehingga dengan menadah bongkahan es tersebut ada jamaah yang terkena bagian matanya ” Saat sudah terkumpulkan, mereka pada mencair, inilah kenikmatan kloter 5, yang bisa menjumpai hujan es ini, ” ungkap tamal.(247)