Dikbud Sukseskan Batik Nusantara

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pada pelaksanaan batik nusantara yang diselenggarakan 18 November mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu mengerahkan pelajar se-Kota Bengkulu. Guna menyukseskan kegiatan bersakala nasional itu. Sekolah pun diwajibkan memeriahkan batik nusantara tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Dra Hj Erita MPd saat dikonfirmasi mengatakan, Dikbud Kota Bengkulu memfasilitasi seluruh pelajar yang mengikuti etnik batik nusantara. Kegiatannya dimeriahkan parade drumband dan lomba dol.

“Kita mempersiapkan drumband sebanyak 12 tim, kemudian menampung pendaftaran etnik batik, pelaksanaan daftar dol, dan busana basurek,” katanya.

Seluruh sekolah dan pelajar wajib memeriahkan batik nusantara. Apalagi ini event nasional sehingga selain pelajar seluruh kabupaten/kota pun diundang untuk memeriahkan kegiatan ini.
“Seluruh pelajar SD, SMP, SMA/SMK wajib ikut serta,” katanya.

Wajib disini bukan berarti pelajar harus mengenakan pakaian batik yang baru dan menjadi beban siswa, namun pelajar diminta berpartisipasi dan menggunakan batik sekolahnya.
“Bukan hanya siswa, guru, pegawai pun wajib menggunakan batik,” terangnya.

Selanjutnya, sekolah diminta untuk membuat penerangan dari lampion yang nuansanya pun menggunakan batik. Lampion ini bisa dibuat dengan perpektif segitiga, kotak segilima, diamond dan lain-lain yang  dilapisi sampah kain perca. Lampion dipajang di sekolah.

“Harapan kita dengan batik nusantara ini siswa akan lebih mengenal batik basurek, dan lebih berkreasi membuat lampion,” tandasnya. (247)