Dewan Setujui Subsidi Penerbangan?

MUKOMUKO, BE – Ketua DPRD Mukomuko, Armansyah ST  mengungkapkan, persoslan ditolaknya Raperda  subsidi penerbangan dikarenakan status Bandara Mukomuko adalah komersil. Katanya, jika bandara itu  dapat dijadikan sebagai bandara perintis. legislatif siap menyetujui  anggarannya.
“Informasinya eksekutif tengah berusaha mengusulkan ke Kemenhub. Supaya bandara Mukomuko dijadikan perintis. Jikalau perjuangan itu berhasil. Di APBDP Tahun 2015 mendatang siap kita anggarkan,” tegasnya.
Sembari menunggu  keputusan dari ke Kemenhub, kata Arman, eksekutif  diharapkan segera mungkin mencari solusi agar bandara  tetap beroperasi untuk melayani masyarakat. Walaupun maskapai yang akan mendarat adalah  penerbangan komersil. Sedangkan anggaran yang telah diplotkan sekitar Rp 1,5 miliar  untuk sementara dibekukan. Jika hingga pembahasan APBDP mendatang belum ada kepastian dari eksekutif terkait penerbangan perintis.
Anggaran itu tidak, katanya, menutup kemungkinan bakal diperuntukan program  atau kegiatan lainnya. Kepala Bagian Hukum Setdakab Mukomuko, Hery Prastyono SSTP melalui Kasubag Perundang–undangan, Abdiyanto  menyampaikan keputusan yang dilakukan legislatif sudah benar dan tepat. Karena usulan Raperda  yang disampaikan dan pernah dibahas itu adalah raperda subsidi penerbangan perintis.
Raperda yang diusulkan itu untuk sementara  tidak dilanjutkan dan telah ditarik. Bagian hukum juga telah berkoordinasi dengan Dishubkominfo supaya bandara Mukomuko kembali dijadikan sebagai bandara perintis. Yang selanjutnya raperda kembali diusulkan agar dilanjutkan pembahasan hingga di perdakan.
Menurutnya, bandara Mukomuko harus tetap beroperasi. Dengan pertimbangan diantaranya kabupaten Mukomuko salah satu daerah rawan bencana dan jauh dari pusat ibukota provinsi dan kabupaten tetangga dan lebih memudahkan para investor untuk berinvestasi di daerah ini dan lainnya.
Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Drs H Ruslan MPd mengatakan hingga saat ini pihaknya melalui bandara Mukomuko, tengah berupaya mengusulkan ke pemerintah pusat. Agar bandara Mukomuko, dijadikan bandara perintis.
“Pihak bandara masih berjuang dipusat. Diharapkan saja usulan disetujui. Sehingga bandara Mukomuko tetap beroperasi sebagaimana mestinya,” singkat Ruslan. (900)