Dewan Pertanyakan Alokasi Anggaran Distamber

BENGKULU, BE – Dinas pertamanan dan kebersihan (Distamber) kota, tampaknya akan mendapatkan perhatian khusus oleh dewan. Pasalnya, dana usulan Distamber yang telah disahkan sebesar Rp 17,8 miliyar yang dianggarkan di APBD-P 2015 lalu, terjadi ketidaksesuaian, dimana pihak Distamber hanya menerima sebesar Rp 16,2 miliar. Sehingga hal tersebut menjadi pertanyaan besar, tentang keberadaan sisa dana tersebut.

Komisi I DPRD kota, sebagai mitra kerja, sebelumnya telah melakukan hearing, untuk menanyakan kejelasan. Hanya saja, pihak Distamber belum bisa menjawab secara jelas dan tegas terkait persoalan tersebut.

Salah satunya, mata anggaran untuk pembangunan 3 taman, yakni Taman Simpang Kandis, Taman Kebun Veteran dan Taman Nusa Indah yang total nilainya mencapai Rp 3,4 miliar. Namun, setelah dianggarkan hanya pembangunan taman simpang kandis yang tidak dilakukan, karena tidak adanya lahan, padahal taman simpang kandis tersebut telah dianggarkan sebesar Rp 750 juta.

” Kita mempertanyakan kemana dana Rp 750 juta, kalaupun hilang, hilangnya seperti apa, dan kami minta pihak Distamber dapat membuktikan itu secara jelas,” kata ketua komisi I DPRD, Maghdaliansi.

Sementara, diakui pihak Distamber pembatalan pembangunan taman simpang kandis tersebut, dikarenakan lahan tersebut menjadi proyek pelebaran jalan oleh kementrian Pekerjaan Umum (PU).

” Kami juga tidak sembarangan, karena kita mendapatkan langsung surat dari kementrian PU itu,” ungkap Syarnubi kadis Distamber.

Terkait ketidakjelasan keberadaan anggaran tersebut, anggota komisi I DPRD, Hotman Nababan, menambahkan bawasannya pihak Distamber harus mempertanggungjawabkan anggaran tersebut, sesuai dengan buku APBD yang sudah disahkan tempo hari.

“Kalau memang itu tidak dipakai, maka harus dikembalikan kepada negara,” tandasnya.

Disampaikan pula, pihak komisi 1 akan memanggil kembali pihak Distamber untuk melakukan evaluasi anggaran 2015. Kalau anggaran tahun 2015 bermasalah, tentu pihaknya tidak bisa membahas untuk anggaran 2016 nantinya. Oleh sebab itu, dewan meminta Distamber mempersiapkan rincian jelas terkait anggaran yang telah diberikan. (805)