Desember, Hasil Seleksi PAI Diumumkan

rapat_pembahasan_raperda-01TUBEI,Bengkulu Ekspress – Tes seleksi Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS baik tertulis maupun wawancara telah dilaksanakan. Saat ini Kemenag Kabupaten Lebong tengah melakukan perengkingan nilai para peserta. Hasil seleksi PAI ini diumumkan pada 2 Desember mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Lebong Drs H Tasri MA melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam H Darul Maukup SAg mengungkapkan, “Dari seluruh peserta yang mengikuti ujian, hanya 60 peserta yang dinyatakan lulus eleksi tertulis yang telah dilaksanakan. Selanjutnya peserta yang lulus melanjutkan tahap seleksi wawancara dengan 4 kriteria yaitu pemahaman al-quran, Sholat, wawasan kebangsaan dan praktikum khutbah.

“Saat ini kita masih merekap nilai tes wawancara. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pengumumannya dilakukan pada 2 Desember mendatang serentak se Provinsi Bengkulu,” ujar Darul.

Peserta yang lulus tes tertulis untuk KUA Lebong Atas 12 orang, KUA Lebong Utara 22 orang, KUA Lebong Tengah 11 orang, KUA Lebong Selatan 6 orang dan KUA Rimbo Pengadang 9 orang. Sesuai aturan peserta yang diterima untuk masing-masing KUA hanya 8 orang.

“Jadi di Kabupaten Lebong yang memiliki 5 KUA dibutuhkan 40 orang, namun di KUA Lebong Selatan yang dibutuhkan 8 orang, sementara yang mengikuti tes wawancara hanya 6 orang.

”Meski begitu belum tentu semuanya lulus,” kata Darul.

Pada pengumuman kelulusan tersebut, ada nilai pasing grade yang dipatok untuk kelulusan. Polanya bisa jadi peserta yang mendaftar di KUA Lebong Utara yang memperoleh nilai pasing grade lebih tinggi ditempatkan di KUA Lebong Selatan dan penempatan lainnya. Peserta harus menyanggupi bertugas di Kecamtan lainnya. .

Dari seleksi yang dilakukan itu, diharapkan diperoleh tenaga PAI berkualitas. Tenaga PAI bukan hanya sekedar mengajar mengaji, tetapi juga memberikan pengetahuan secara umum kepada masyarakat tentang keagamaan di di wilayahnya masing-masing,” pungkas Darul.(777)